_kP89Mh0nklE4uIBzHyZTc8CjuSbJfbn2drnrosM_EA" /> nafisa computer: LAPORAN PRAKERIN SMK JURUSAN JB DI NOVOTEL RESORT

Rabu, 12 Februari 2020

LAPORAN PRAKERIN SMK JURUSAN JB DI NOVOTEL RESORT


LAPORAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI
( PRAKERIN )


Disusun Oleh :
NAMA    : FEBRI LAKSANA
JURUSAN : JASA BOGA
DEPARTEMEN. : F & B PRODUCT
NAMA DU/DI :
NOVOTEL RESORT & VILLAS HOTEL
NIS :

PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
DINAS PENDIDIKAN DAN  KEBUDAYAAN
SMK NEGERI 1 PUJUT
Jl.Bung Karno No.08 Pujut Lombok Tengah NTB
Email :smkn_pujut@yahoo.com

TAHUN DIKLAT 2018/2019  

 
LEMBAR PENGESAHAN

 Oleh : SMK NEGERI 1 PUJUT

Laporan Praktik Kerja Idustri  ini telah ditanda tangani dan disahkan oleh pihak SMK Negeri 1 Pujut pada tanggal : …..April  2019.


                                                                                         Pujut,      April 2019

Ketua Program Keahlian
Jasa Boga





RENI ROESMAYANTI, S.Pi
NIP : 197907062006042009




Guru Pembimbing





HERI SUGIANTO, S.Pi
NIP : 198208062014071002



Mengetahui
 Kepala Sekolah,





H. MAHYUDIN, S.Ag.MM
NIP. 197207021998021002







                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            LEMBAR PENGESAHAN

 Oleh :
Pihak Novotel Resort & Villas Hotel

Laporan Praktik Kerja Idustri  ini telah ditanda tangani dan disahkan oleh pihak Novotel Resort & Villas Hotel  pada tanggal, ….. April 2019.


                                                                                   

Executive  Chef





( AGUS DARMA BAKTI )



Souse Chef




( SATARUDIN )


















    KATA PENGANTAR

 Segala puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kami Rahmat dan HidayahNya sehingga kami dapat menyelesaikan Laporan ini dengan baik dan tepat waktu.
Praktik Kerja Industri  ini merupakan salah satu program studi yang wajib diikuti bagi setiap siswa siswi SMK untuk lebih mengenal lebih jauh dan lebih mendalam tentang dunia industri yang nantinya sebagai lapangan kerja sesuai keahlian setelah tamat sekolah/belajar.
Laporan ini mengurai/menjelaskan tentang seluk beluk hotel/fasilitas hotel yang telah kami dapatkan selama kami mengikuti kegiatan Praktik Kerja Industri di  Novotel Resort and Villas Hotel pada Departement  F & B Product.
Tak lupa kami ucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada :
Ø  Bapak H.Mahyudin, S.Ag.MM selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Pujut.
Ø  Ibu Reni Rusmayanti, S.Pi  selaku Ketua Program Keahlian Jasa Boga
Ø  Bapak Heri Sugianto, S.Pi, selaku guru pembimbing.
Ø  Bapak/Ibu guru yang telah dengan ikhlas memberikan kami ilmu.
Ø  Sembah sujud kami kepada sosok malaikat dunia Ayah dan Bunda yang telah memperjuangkan kami dalam rangka penulisan Laporan ini sehingga kami dapat menyelesaikan dengan baik.
Ø  Serta kami ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang telah banyak memberikan kami support dan semangat serta semua bantuan-bantuan yang sangat membantu pada kami.   
Penulis menyadari laporan ini jauh dari sempurna mengingat manusia itu tidak ada yang sempurna, maka dari itu saran dan kritik yang bersifat membangun sangatlah kami butuhkan demi kesempurnaan laporan ini.
      Pujut,      April  2019
                Penulis


                                                      FEBRI LAKSANA
DAFTAR ISI
Lembar Judul / Sampul                                                                                   i         
Lembar Pengesahan oleh pihak SMK Negeri 1 Pujut..................................... ii
Lembar Pengesahan oleh hotel........................................................................ iii
Kata Pengantar................................................................................................ iv
Daftar Isi......................................................................................................... v
BAB I.  PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang.................................................................................... 1
1.2.Tujuan.................................................................................................. 2
1.3.Waktu dan Tempat ............................................................................. 2
BAB II. TINJAUAN PUSTAKA
2.1.Pengertian F & B Product................................................................... 3
2.1.1.      Cold kitchen ........................................................................... 4
2.1.2.      Main kitchen ........................................................................... 5
2.1.3.      Pastry ...................................................................................... 7
2.1.4.      Banquet Kitchen ....................................................................  7
BAB III. GAMBARAN UMUM
3.1.Profil Hotel  ........................................................................................ 8
3.2.Struktur Hotel   ................................................................................... 9
3.3.Fasilitas Hotel    ................................................................................. 10
BAB IV. PEMBAHASAN
4.1.Restaurant  ......................................................................................... 11
4.2.Menu yang ada di restaurant   ........................................................... 11
4.3.Alat dan bahan yang ada direstaurant ............................................... 11
4.4.Kegiatan selama prakerin.................................................................... 15
BAB V. PENUTUP
5.1.  Kesimpulan ....................................................................................... 16
     5.2.  Saran.................................................................................................. 16
  DAFTAR PUSTAKA
  LAMPIRAN-LAMPIRAN



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Pariwisata adalah suatu kegiatan yang secara langsung melibatkan masyarakat sehingga membawa berbagai manfaat terhadap masyarakat dan sekitarnya. Bahkan pariwisata dikatakan mempunyai energy dobrak yang luar biasa, yang mampu membuat masyarakat setempat mengalami metamorphose dalam berbagai aspeknya. Pariwisata mempunyai banyak manfaat bagi masyarakat bahkan bagi Negara sekalipun, contohnya dari berbagai aspek atau segi yaitu dari segi ekonomi, sosial budaya, lingkungan hidup, nilai pergaulan, ilmu pengetahuan serta peluang dan kesempatan kerja. Telah kita ketahui bahwa di indonesia memiliki beranekaragam wisata dan budaya yang terbentang dari sabang hingga maraoke.
Pariwisata di indonesia merupakan penunjang perekonomian yang cerah tetapi hingga saat ini belum memperlihatkan peran yang sesuai dengan harapan dalam proses pembangunan di indonesia.
Hotel merupakan suatu akomodasi berupa penginapan yang disediakan untuk pada wisatawan menginap. Selain itu, hotel juga menyediakan berbagai fasilitas penunjang lain yang digunakan untuk para tamu food and beverage department adalah bagian yang sangat penting dalam hotel dimana tamu selain menginap tamu juga memerlukan makanan dan minuman selain itu food and beverage juga berperan penting dalam meningkatkan pendapatan hotel karena merupakan sarana yang mutlak harus disediakan hotel untuk dapat dikategorikan ke dalam hotel berbintang.  






1.2.Tujuan Prakerin
           
1.      Untuk memperkenalkan Siswa tentng bagaimana keadaan lingkungan kerja yang sebenarnya.
2.      Untuk mempersiapkan mental Siswa dalam menghadapi persaingan di dunia kerja
3.      Untuk menghasilkan tenaga kerja yang baik
4.      Untuk melatih solidaritas dan kerja sama antar rekan kerja
5.      Agar Siswa dapat langsung mempraktekkan teori yang sudah diajarkan di sekolah.
6.      Agar Siswa memahami bagaimana proses kerja yang ada di pariwisata
7.      Mengenalkan kepada Siswa tentang disiplin kerja
8.      Memperkenalkan Siswa tentang sistem organisasi
9.      Menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dan industry  

1.3.Waktu dan Tempat
Pelaksanaan prakerin dilaksanakan selama 3 bulan  mulai dari tanggal 01 Januari 2019 sampai dengan 30 Maret 2019, bertempat di Novotel Resort and Villas Hotel.
                                                                                                    












BAB II
 TINJAUAN PUSTAKA

2.1.Pengertian F & B Product
Food product adalah bagian yang proses pengolahan bahan mentah menjadi sesuatu yang menarik dan dapat dinikmati. Atau pengertian lain adalah proses dimana makanan dan minuman diproduksi/dibuat sesuai dengan standar recipie dengan citraan rasa dan  sentuhan seni yang tinggi.
Dengan kata lain food product grand serela hotel adalah bagian yang memproses makanan dan minuman yang dibuat /di produksi sesua standar recipie grand serela hotel dengan citra rasa dan sentuha seni yang tinggi bagi para tamu yang tinggal maupun tidak tinggal di hotel untuk tujuan komersial. Food and beverage product mengelola makanan mulai dari makanan pembuka sampai makanan penutup.
Tugas Dan Tanggung Jawab Organisasi Kitchen
a.       Executive Chef
Bertanggung jawab terhadap semua operasional dapur dan mengontrol semua peralatan dapur dalam kondisi yang baik.
b.      Senior Saus Chef
Bertanggung jawab terhadap operasional dapur dan bertugas memberikan pengarahan pada staff dapur dalam melaksanakan tugas.
c.       Saus Chef
Bertugas mengawasi persiapan makanan di dapur dan menjamin semua makanan di produksi tepat pada waktunya.
d.      Junior Saus Chef
Bertugas sama dengan Saus Chef, dimana junior saus chef membantu pekerjaan tambahan saus chef.
e.       Chef de Party
Bertugas dan bertanggung jawab atas kelancaran pelaksanaan tugas terutama pada bagiannya atau sectionnya yang berada di bawah saus chef.

f.       Senior Cook
Bertugas dan bertanggung jawab untuk mengawasi cook dalam memasak dan membantu cook dalam memproduksi makanan di dapur.
g.      Cook
Bertugas dan bertanggung jawab memproduksi makanan dan menjamin makanan yang dibuat selesai dan tepat pada waktunya.
h.      Cook Helper
Bertugas membantu tugas-tugas cook dalam memproduksi makanan dan bertugas mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan.

2.1.1.      Cool Kitchen
Cold Kitchen yang merupakan tempat pengolahan bahan-bahan makanan yang membuat hidangan pembuka (cold appetizer), juga membuat cold souce seperti mayonaise, thousand island, callipso, souce, dll. Outlet ini juga menangani pengolahan buah-buahan untuk dekorasi maupun hidangan pembuka dan penutup.
Cold Kitchen / Gardemanger
a.       Cold Kitchen / Salad Department, yaitu bagian hidangan dingin yakni semua persiapan hidangan pembuka (appetizer), salad, atau juga hidangan laut”
b.      “Gardemanger adalah suatu section di kitchen yang bertanggung jawabuntuk memproduksi makanan-makanan dingin”. (Bartono,2005:77)
c.       Cold Kitchen atau Gardemanger  ialah berasal dari istilah Perancis ‘Gardemanger’ yang berarti ‘Penjaga makanan’, garde cook adalah orang yang bertanggung jawab untuk mempersiapkan dan / atau bumbu dan menyajikan makanan yang dingin seperti salad, daging dingin, sup dingin, keju, hiasan, es patung-patung (ice curving), buah segar,).



                    
2.1.2.      Main Kitchen / Hot Kitchen
Production (Main) Kitchen merupakan seksi yang terdapat dalam organisasi Food & Beverage Product yang menangani berbagai macam sambal, stock, serta berbagai macam main course, yang dimana kitchen ini termasuk ke dalam Hot Kitchen.
Hot Kitchen atau Main Kitchen adalah dapur utama di mana maincourse, soup, sauce, dan proses masak-memasak terjadi. Dapur ini biasanya berada di tengah bagian dapur lain, agar gampang berkomunikasi dengan bagian-bagian dapur lainnya.
Biasanya mereka yang bertugas di hot kitchen, itu bertugas untuk memasak makanan yang akan disediakan ke tamu untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Setiap waktu makan mereka harus masak makanan yang akan disediakan di buffet atau seperti perasmanan, stall atau gubuk.
 Hot Kitchen Equipment :
1.     Deep Fat Fryer adalah suatu alat untuk menggoreng dengan menggunakan minyak goring yang cukup banyak. Sumber panas dapat diatur dengan menggunakan system thermostat sesuai dengan yang diinginkan, yaitu bervariasi  antara 90 c sampai 220 c. Deep Fat Fryer pada umumnya digunakan untuk  menggoreng makanan, seperti : French fried potatoes.
2.     Oven adalah suatu alat yang khusus digunakan untuk membakar (baking) atau memasak (cooking) dengan panas dari atas  bawah. Oven dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu :
·       Baking Oven, yaitu oven yang digunakan untuk membakar roti dan kue
·       Cooking Oven, yaitu oven yang digunakan untuk memasak makanan, misalnya roast chicken
3.     Range Tops adalah alat memasak dengan sumber panas yang dihasilkan dari gas, listrik. Suatu alat (kompor) yang digunakan untuk memasak dengan dikomninasikan dengan oven
4.     Salamander adalah suatu alat yang digunakan  untuk memanaskan atau memanggang makanan dengan panas dari atas, misalnya pizza, pie dan sebagainya.
5.     Grilled adalahsuatu alat yang digunakan untuk memanggang suatu makanan tertentu, umumnya daging.dengan sumber panas dari bawah, misalnya : beef steak, salmon steak dsb.
6.     Rice cooker, adalah suatu alat yang digunakan untuk menanak nasi dengan proses penguapan (steamed)
7.     Steamheated boiling pan adalah suatu alat yang digunakan untuk merebus (boiling) dan sekaligus dapat juga untuk menyaring (simmering), dengan system pemanas dari uap.
8.     Hot food table adalah meja dengan system pemanas ( dari gas atau listrik) yang digunakan untuk menyimpan makanan matang sebelum disajikan restaurant
9.     Microwafe adalah suatu alat yang digunakan untuk memasak  (menghangatkan) makanan yang beku dengan menggunakan tenaga listrik yang diubah menjadi gelombang mikro

2.1.3.      Pastry
Pastry merupakan seksi yang terdapat dalam organisasi  Food & beverages Product  yang khusus menangani/membuat kue , cake, cookies, patries, chocolate, pudding dan aneka dessert lainnya.
Di dalamnya terdapat sub seksi yaitu Bakery yang khusus membuat berbagai macam roti (bread)







                           
2.1.4.      Banquet Kitchen
Banquet memiliki bagian tersendiri dalam suatu susunan departemen dan masih dalam lingkup F&B Department yang bertugas untuk menangani segala macam kegiatan pesta atau jamuan yang diselenggarakan oleh suatu panitia atau pihak lain yang membuat pesanan ke hotel.. Departemen banquet memiliki peranan penting dalam hal pelayanan jasa penyelenggaraan acara yang diadakan oleh hotel. Banquet tidak jauh berbeda dengan restoran baik perlengkapan, peralatan serta tata saji yang disuguhkan, hanya saja banquet tidak menyediakan sajian secara permanen, melainkan diselenggarakan setelah adanya pihak pemesanan yang akan menyelenggarakan acara. Pelayanan pada banquet dimulai sejak pelanggan memesan tempat hingga akhir acara.



















BAB III
GAMBARAN UMUM HOTEL


3.1. Profil Hotel  

Novotel Resort & Villas Hotel Lombok merupakan hotel berbintang pertama kali dibangun di Lombok tengah mulai dibangun pada tahun 1995.pelatakan batu pertama dan kemudian grand opening pada tahun 1997 yang diresmikan oleh Bupati Lombok Tengah L. Warsito pada saat itu Novotel hotel bernaung dibawah perusahaan Accor hotel dari Prancis  























3.2.Struktur Organisasi  Novotel Resort and Villas Hotel
 








                                                                                                                                                                                             


SOUS
CHEF
 

ASST CHEF
ENGENERING
 

ASST
FOM
 
 



3.3.       Fasilitas Hotel   
1.      Parkir
2.      Fitness Counter
3.      Akses ke Panai
4.      Layanan kamar
5.      Meeting Room
6.      Bak air panas
7.      Wifi
8.      Volly ball
9.      Tenis meja
10.  Kids club
11.  Private pool
12.  Kolam renang – luar ruangan
13.  Restaurant
14.  Spa
15.  Bar
16.  Yoga
17.  Medical counter
18.  Pool for  kids
19.  Kamar
20.  Mini bar
-          Kamar ada deluxe terrace.
Kamar deluxe terrace yang memadukan dekorasi modern kenyamanan argonomis. Kamar dilengkapi sepenuhnya termasuk teras terbuka untuk memastikan liburan yang tak terlupakan.
-          `private Pool Villas
Private Pool Villas menawarkan suasana yang mengundang tenang bersantai diteras yang menghadap kolam renang dan rumah lengkap
-          Kamar Keluarga Superior
Ruang modern dan nyaman dengan 2 kamar tidur terpisah, 2 kamar mandi dengan pancuran.

BAB IV
PEMBAHASAN

4.1. Restoran
Restoran Novotel Lombok atau yang dikenal Spice Market terletak tepat dihadapan bibir pantai yang luas dan indah menjadikan pengalaman bersantap di retoran menjadi sangat nyaman.
Retoran menyediakan 3 xection dan 1 section untuk smoking area dan meja yang tertata rapi..

4.2.Menu di Novotel
Menu hidangan yang ada di restoran Novotel Lombok menyediakan berbagai macam jenis hidangan mulai dari hidangan tradisional sampai internasional.
Menu tradisional diantaranya : nasi campur Lombok, pelecing kangkung, dan makanan khas Lombok seperti ayam taliwang. Adapun hidangan internasional seperti daging yaitu terderloinsirlain, rib eye, dan makanan seafood seperti Tuna Fillet dan ada juga makanan hidangan seperti soup tomyam dan Pho Bho. Semua makanan di restoran sudah mendapatkan sertifikat halal.

4.3.Alat dan Bahan Yang Ada di Restoran
Berikut ini adalah peralatan yang digunakan di hotel yaitu :
a. Silver ware/table ware peralatan makan yang dibuat dari logam yang dilapisi perak atau stainless steel, antara lain seperti terlihat pada gambar di bawah ini :
·         Demitasse spoon : sendok untuk kopi atau selai
·         Tea spoon : sendok the
·         Ice cream spoon : sendok ice cream
·         Long spoon : sendok es the/kopi
·         Mellon spoon : sendok untuk makan melon
·         Bouillon spoon : sendok sup encer
·         Onion soup spoon : sendok sup kental
·         Dessert spoon : sendok untuk menyantap hidangan penutup(dessert)
·         Dinner spoon : sendok makan besar, biasanya dipergunakan untuk mengambil makanan sebagai pengganti serving spoon
·         Serving spoon : sendok makan besar untuk penyajian makanan, memindahkan makanan ke piring tamu, biasanyan berpasangan dengan serving fork
·         Grape fruit spoon : sendok untuk makan belahan buah anggur Sugar ladle : sendok gula
·         Sauce ladle : sendok untuk mengambil saus
·         Soup ladle : sendok besar bertangkai bengkok untuk mengambil soup tureen
·         Punch ladle : sendok besar bertangkai panjang, bengkok, untuk mengambil es campur(fruit punch). Tempatnya disebut punch bowl
·         Caviar knife : pisau untuk mengoles atau meratakan cavier pada roti panggang
·         Pastry knife : pisau untuk memotong pastry diatas trolley(kereta dorong)
·         Cheese knife : pisau untuk memotong dan memakan keju
·         Fruit knife/fork : pisau/garpu untuk makan buah potong
·         Dessert knife/fork : pisau/garpu untuk makan hidangan pembuka maupun penutup
·         Fish knife/fork : pisau/garpu untuk makan hidangan ikan. Bagian tajam dari pisau ini tumpul dan tebal dengan ujung yang runcing
·         Dinner knife/fork : pisau/garpu untuk menyantap hidangan utama
·         Steak knife/dinner fork : pisau/garpu untuk menyantap hidangan steak, sirloin steak, t-bone steak
·         Fish carving knife/fork  pisau/garpu untuk memotong hidangan ikan yang berukuran besar dan masih utuh.
·         Meat carving knife/fork : pisau/garpu untuk memotong daging
·         Cake tong’s : jepitan untuk mengambil kue
·         Ice tong’s : jepitan untuk mengambil es batu, umumnya dipergunakan dibar/tempat menjual minuman dingin
·         Eggs stand : tempat untuk menyajikan telur rebus di restoran
·         Cake stand : tempat untuk menyajikan kue ulang tahun
·         Cake knife : pisau panjang untuk memotong kue ulangtahun
·         Sugar bowl : tempat untuk menempatkan gula yang berada di atas meja makan
·         Finger bowl : tempat untuk mencuci tangan yang diletakkan di atas meja makan
·         Butter bowl : tempat mentega yang diletakan diatas meja makan
·         Supreme bowl : tempat untuk menyajikan shrimp cocktail, ice cream di dalam kamar
·         Cream pitcher/ creamer : tempat untuk menyajikan krim kopi
·         Water pitcher : poci besar untuk tempat air es
·         Tea pot : poci untuk tempat the
·         Coffee pot : poci untuk tempat kopi
·         Ice bucket : sejenis ember kecil yang terbuat dari logam, yang gunanya untuk tempat es batu
·         Champagne/wine cooler : sejenis ember yang terbuat dari logam, berukuran sedang yang digunakan unuk mendinginkan champagne
·         Wine cooler stand : tempat untuk menyangah/meletakkan wine cooler
·         Lobster pick : semacam, garpu kecil panjang untuk mengambil daging udang untuk diletakkan di atas piring makan, tetapi bukan garpu makan
·         Lobster tongs : penjempit untuk memegang kulit udang besar
·         Snail tongs : berpasangan dengan snail forks untuk menjepit kulit kerang
·         Ashtray : asbak untuk abu rokok, yang diletakkan di atas meja makan
·         Candle set : tempat lilin dengan cerobong dari kaca yang dipasang di atas meja makan terutama pada acara candle light dinner, sedangkan candle labra dipasang dimeja buffet
·         Rechaud : alat pemanas makanan yang berupa lempengan baja dengan aliran listrik gunanya untuk memanaskan makanan yang ada di atas meja dorong, gueridon
·         Bread basket : keranjang tempat roti untuk diletakkan di atas meja makan
·         Platter : piring lodor dengan berbagai ukuran, berbentuk lonjong, bulat dan persegi panjang, banyak digunakan dalam pelayanan ala Rusia, Perancis maupun untuk acara buffet
·         Vegetable bowl : tempat/mangkok sayuran beserta hidangan utama pada pelayanan gaya Rusia dan Perancis
·         Gravy boat : disebut juga sauce boat, tempat untuk menyajikan saus dengan bentuk yang mirip perahu
·         Tray : baki yang berbentuk bulat, ada beberapa ukuran umumnya untuk menyajikan minuman, hidangan pembuka, sup, salad dan hidangan penutup, snack, untuk membawa gelas, cutleries dll, sedangkan yang berbentuk persegi panjang besar umumnya untuk menyajikan hidangan utama.
b. Glassware: peralatan yang terbuat dari gelas :
·     Water goblet : gelas untuk menyajikan air es
·     White wine glass : gelas untuk menyajikan anggur putih
·     Red wine glass : gelas untuk menyajikan anggur merah
·     Champagne glass : gelas untuk menyajikan champagne
·     Beer glass : gelas untuk menyajikan bir
·     Tumbler glass 8 oz : gelas untuk menyajikan soft drink
 c. Chinaware/crockery (pecah belah): barang keramik yang dibuat dari
bahan tanah liat yang diproses dengan pemanasan yang tinggi..











4.4.          Kegiatan selama prakerin
·           Membuat omelet untuk breakfast
·           Membuat pancake
·           Prepare breakfast
·           Menghandle orderan
·           Mengangkut barang yang baru datang
·           Prepare menu ala carte
·           Membuat ikan tuna sambal matah
·           Membuat scramble egg
·           Membuat ayam dabu-dabu
·           Membuat pelecing kangkung
·           Membuat ikan kuah kuning
·           Membuat nasi goreng dan mie goreng
·           Membersihkan dapur


















BAB V
PENUTUP
5.1  Kesimpulan
Dengan adanya kegiatan Prakerin ini dapat kami simpulkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat. Kami dapat banyak pengalaman kerja yang pasti akan sangat bermanfaat bagi kita kedepannya. Selain itu praktik yang kita lakukan sangat membantu meningkatkan potensi keahlian yang profesional dalam bidangnya.  

5.2  Saran
-          Saran untuk Siswa :
1.      Jaga nama baik diri sendiri dan sekolah
2.      Utamakan keselamatan kerja
3.      Gunakan waktu sebaik mungkin
4.      Tetap semangat dan jangan putus asa
5.      Dan awali semua kegiatan dengan do’a

-          Saran untuk hotel :
1.      Diharapkan agar kerja sama antara sekolah dengan perusahaan lebih ditingkatkan dengan banyak memberi peluang kepada Siswa
2.      Untuk para karyawan lebih ditingkatkan lagi kedisiplinan dan motifasi dalam bekerja
3.      Hubungan karyawan dengan Siswa diharapkan selalu terjaga keharmonisannya

-          Saran untuk guru :
1.      Pemantauan terhadap Siswa yang sedang prakerin maupun yang akan melaksanakan agar lebih ditingkatkan lagi
2.      Dalam pembekalan lebih di tingkatkan terutama dalam fisik dan mental
3.      Dan juga guru-guru selalu memberikan motivasi bimbingan dan keringanan pada Siswa.
DAFTAR PUSTAKA

ü  Stanton, wiliam J,1997,founamentals of Markrting,11 Editiony,England McGraw-Hill.
ü  Adar,Halimah.Masakan Oriental seri B.1985,Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.Piper,Maryorie Ray.Oriental Cook Book.1981.law Pulishing.california.
ü  Lesmana,Herawati.Masakan tionghoa populer.Chu,Grase Zia.chinese cooking.1962.simon and chuster.Wolter,Annette.Internationalcooking.1984.the Hamlyn.
ü  Ma,Nancy chih.favorite Chinese reciepes.1968.kadansha international.Tokyo





















LAMPIRAN-LAMPIRAN
Gambar terkaitMENU-MENU DI NOVOTEL








Ikan tuna ambal matah
Hasil gambar untuk ayam bakar taliwang ala hotel 








Ayam bakar taliwang
Gambar terkait 









Nasi goreng


Tidak ada komentar:

Posting Komentar