LAPORAN PRAKTIK KERJA
INDUSTRI
( PRAKERIN )
HOUSE KEEPING DEPARTEMENT
DI NOVOTEL HOTEL & RESORT
Disusun Oleh :
WISNU PADLI
KHAIRUL GUNAWAN
Kelas : XI
JURUSAN : AKOMODASI PERHOTELAN
PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
DINAS PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
SMK
NEGERI 1 PUJUT
Jl.Bung Karno No.08 Pujut Lombok Tengah NTB
Email :smkn_pujut@yahoo.com
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
KATA
PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas berkat rahmat,
tarufik, hidayah serta ridho-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan
ini. Laporan Praktik Kerja Industri saya tulis atas dasar semua yang telah saya
dapat selama mengikuti praktek kerja industri di Novotel Hotels & Resort selama
kurang lebih 3 bulan (03 Oktober 2018
s/d 31 Desember 2018 ).
Praktik kerja industri merupakan kegiatan yang bersifat wajib untuk setiap
siswa/siswi SMK Negeri 1 Pujut sebagai salah satu syarat untuk melanjutkan ke
semester berikutnya, serta sebagai salah satu bentuk pertanggung jawaban saya
dalam menjalani tugas kerja selama mengikuti prakerin. Praktik kerja industri
merupakan kegiatan siswa/siswi yang dilaksanakan minimal 3 bulan di suatu
perusahaan yang sesuai dengan jurusan masing-masing.
Kegiatan ini meliputi pelaksanaan kerja praktik di perusahaan dan penulisan
laporan kerja praktek. Tujuan praktik industri sebenarnya adalah memperkenalkan
siswa/siswi dunia kerja industri secara nyata sekaligus memberikan suatu
pengalaman yang berhubungan dengan keindustrian. Setelah saya selesai
melaksanakan kerja praktik ini, penulis merasa tujuan itu telah saya penuhi
dengan baik.
Saya ingin
mengucapkan terimakasih kepada :
1.
Bapak H.Mahyudin, S.Ag, MM. selaku Kepala Sekolah
SMK Negeri 1 Pujut
2.
Bapak Lalu Astawirawan,
A.Md.Par. selaku Guru
Pembimbing
3.
Bapak Moh. Khaerul Akham,
S.ST.Par, selaku Ketua Program
4.
Bapak/Ibu guru yang telah dengan
ikhlas memberikan kami ilmu.
5.
Sembah sujud kami kepada sosok
malaikat dunia Ayah dan Bunda yang telah memperjuangkan kami dalam rangka
penulisan Laporan ini sehingga kami dapat menyelesaikan dengan baik.
Demikian yang dapat penulis sampaikan, tentunya dalam menyusun lapoan ini
saya masih banyak kekurangan, mohon kritik dan saran demi kesempurnaan
penyusunan laporan ini.
Penyusun
Wisnu Fadli K.G
LEMBAR
PENGESAHAN
Laporan pelaksanaan Praktik Kerja industry yang dilaksanakan di Novotel Hotels
& Resort telah disetujui pada
tanggal …. Januari 2019
Menyetujui :
|
|
|
Guru Pembimbing
Lalu Astawirawan, A.Md.Par
|
|
Ketua Program
Akomodasi Perhotelan
Moh. Khaerul Akhkam, SST.Par
Nip : 198709282015031001
|
|
||
Mengetahui :
Kepala Sekolah,
H.
Mahyudin, S.Ag, MM
NIP. 197207021998021002
|
||
|
DAFTAR ISI
Halaman Judul
i
Kata
Pengantar................................................................................................ ii
Lembar Pengesahan ....................................................................................... iii
Daftar Isi......................................................................................................... iv
BAB I.
PENDAHULUAN
1.1.Latar
Belakang.................................................................................... 1
1.2.Tujuan.................................................................................................. 1
1.3.Waktu dan
Tempat ............................................................................. 2
BAB II. HASIL PRAKTIK KERJA INDUSTRI
2.1.Hotel Knowledge................................................................................ 3
1. Sejarah singkat Novotel Hotels & Resort ................................... 3
2.
Lokasi .......................................................................................... 5
3.
Perincian dan Fasilitas ................................................................ 5
2.2.House
keeping..................................................................................... 6
BAB III. PENUTUP
3.1. Kesimpulan ................................................................................. 13
3.2. Saran ........................................................................................... 13
LAMPIRAN-LAMPIRAN
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang Praktek Kerja Industri (Prakerin)
Dalam
menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran SMK 1 Pujut mempunyai kopetensi
keahlian yaitu Akomodasi Perhotelan. Kopetensi keahlian tersebut terdiri dari
mata pelajaran teori, praktek dan laboratorium.
Pada
kenyataan sering terjadi perbedaan pemahaman antara siswa antara teori dan
praktek nyata di dunia pariwisata usaha dan industri. Untuk itu perlu diadakan
suatu program yaitu berupa Praktek Kerja Industri (Prakerin) langsung pada
dunia usaha.
Praktek Kerja Industri (Prakerin) merupakan
suatu program yang wajib dilakukan oleh siswa atau siswi SMK Negeri 1 Pujut.
Program ini merupakan sarana untuk menjambatani pemahaman antara teori dibangku
sekolah dengan kondisi dunia nyata di lapangan yang dapat meninfgkatkan ilmu
pengetahuan di dunia industri. Selain itu Praktek Kerja Industri dapat menjadi
modal untuk melamar pekerjaan di dunia industri bagi siswa atau siswi SMK
Negeri 1 Pujut.
Praktek
kerja lapangan merupakan suatu kegiatan kerja siswa yang ditempatkan pada suatu
tempat, selain itu praktek kerja lapangan yang dilakukan dapat membantu siswa
agar lebih memahami bidang studi yang ditekuninya dan mendapat gambaran nyata
di dunia pariwisata.
1.2.Tujuan Praktek
Kerja Industri (prakerin)
Banyak tujuan
yang ingin penulis capai dari kegiatan Prakerin, antara lain:
v Untuk
memenuhi program pembelajaran yang telah ditetapkan oleh
sekolah,
yaitu melaksanakan program prakerin selama 3 bulan
v Untuk
mengetahui perbandingan antara praktek kerja di lapangan dengan teori yang
didapat di bangku sekolah.
v Untuk mengembangkan dan memperluas
wawasan tentang kepariwisataan.
v Untuk
menerapkan ilmu pengetahuan (teori) yang diperoleh di bangku sekolah dan di
lapangan.
v Untuk mengembangkan kemampuan yang
dimilikinya sebagai bekal untuk masa depan.
1.3. Tempat dan Waktu
Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin)
Waktu
pelaksanaan praktek kerja lapangan yang dilaksanakan penulis, yaitu tanggal 03 Oktober 2018 sampai
dengan 31 Desember 2018
bertempat di Novotel Hotels & Resort .
BAB II
HASIL PRAKTIK KERJA INDUSTRI
2.1.Hotel Knowledge
Hotel adalah
suatu akomodasi yang menyediakan fasilitas yang lengkap bagi tamu atau
pengunjung yang menginap, seperti makanan, minuman, kolam renang, sarana
olahraga dan lain sebagainnya tergantung besar kecil hotel tersebut dan
fasilitas yang ditawarkan. Dalam suatu hotel, tidak hanya fasilitas-fasilitas
tersebut yang membuat pengunjung atau tamu merasa nyaman dan puas, tetapi juga
keramahan atau service seluruh karyawan hotel dapat menjadi nilai lebih bagi
hotel tersebut. Tidak sembarangan orang dapat menjadi karyawan hotel, setiap
karyawan hotel harus memiliki kemampuan tersendiri di bidangnya masing-masing
yang mereka dapatkan dari sekolah tempatnya menimba ilmu. Di beberapa daerah
khususnya di bali, sudah banyak didirikan sekolah-sekolah dengan jurusan
kepariwisataan yang mendidik siswanya khusus tentang dunia pariwisata.
1. Sejarah Singkat Novotel Hotels
& Resort
Novotel
resort and villas Hotel Lombok merupakan Hotel berbintang yang pertama kali di
bangun di lombok tengah Mulai dibangun pada tahun 1995 peletakan batu pertama
dan kemudian grend opening tahun 1997 yg di resmikan oleh bupati lombok tengah
L .warsitu pada saat itu pada tahun 1997 novotel hotel and resort bernaung di
bawah perusahan accor hotel dari parncis.
Novotel
lombok merupakan resort bintang 4 yang berada di pantai utara Lombok, sekitar
60 menit dari Bandara. Hotel ini merupakan tempat yang pas untuk bersantai saat
liburan menikmati keindahan alam Indonesia bersama rekan ataupun keluarga.
Ruangannya sangat menyenangkan, nyaman dan luas. Hotel ini dilengkapi dengan
kolam renang, 2 restoran yang berada di Pantai, natural lagoon, olah raga air,
kids club, daily activities, program kesehatan dan ruang pertemuan yang bisa
mnampung hingga 120 orang.
Kamar
Semua kamar tipe superior mempunyai
pavilion yang beratapkan jerami dan dilengkapi dengan fasilitas yang modern,
berada di lantai 2 dan 3. Semuanya dilengkapi dengan fasilitas kamar yang
lengkap. pada tipe kamar ini tidak dilengkapi dengan bathtub tapi shower dan
closet yang berada terpisah.
Restoran & Makanan
Restoran berada di ruangan terbuka
yang menawarkan hidangan lokal dan internasional, termasuk juga hidangan laut.
Kegiatan & Olahraga
Banyak macam fasilitas yang disediakan oleh hotel seperti
kids club, fitness centre, butik, ruang pertemuan, kolam renang, penyewaan
sepeda gunung dan 4-wheels drive vehicles untuk bertamasya.
2. Lokasi Novotel Hotels & Resort
Novotel Lombok terletak di pantai utara Pulau Lombok, di Pantai Kuta Putri Nyale
Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, Lombok, Nusa Tenggara Barat 83001 Telepon: (0370) 6153333.
3. Perincian dan fasilitas
hotel
Fasilitas hotel
- Kolam Renang Outdoor
- Faks/Fotokopi
- Fasilitas Rapat/Perjamuan
- Restoran (prasmanan)
- Restoran (a la carte)
- Bar
- Spa
- Wi -fi
Umum
· Layanan 24 jam
· Tempat parkir
mobil
· Layanan Laundry
· Restoran
· Layanan kamar
· Akses jaringan
internet
· Penitipan bayi
· Pusat bisnis
· Check-in awal
· Lobi
Fasilitas tambahan :
· Gym / Pusat
kebugaran
· Penyewaan
sepeda
· Sepeda / sepeda
gunung
· Pijat
·
Berkano
·
Perpustakaan
·
Penyewaan
Sepeda
·
Permainan
Anak Panah
·
Tenis
Meja
·
Biliar
·
Taman
Bermain Anak
·
Pemijatan
·
Spa
& Pusat Kesehatan
·
Ruang
Permainan
·
Memancing
·
Pusat
Kebugaran
·
Fasilitas
ATM di-tempat
- Penitipan
Bagasi
- Layanan
Tiket
- Meja
Layanan Wisata
- Penukaran
Valuta Asing
- Layanan
kebersihan harian
- Perapi
Celana
- Binatu
2.2.House
Keeping Departemen
Housekeeping adalah bagian atau departemen
yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan,
dan memberi dekorasi dengan tujuan agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan
menyenangkan penghuninya. Housekeeping departement adalah
bagian dari hotel yang bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan, dan
kenyamanan kamar (guest room), ruangan umum, restauran, bar, outlet
lainnya.
Housekeeping departemen, bagi sebagian
besar hotel, merupakan sumber pendapatan hotel yang paling besar. Karena tamu
yang menginap tentu mengeluarkan uang lebih banyak untuk sewa bila dibandingkan
dengan uang yang harus dibayarkannya untuk makan dan minum serta pengeluaran
yang lain. Sebagai sumber pendapatan, housekeeping department
harus ditangani oleh tenaga-tenaga trampil dan professional.
Fungsi hoekeeping dalam hotel
sangat penting. Kelancaran penyiapan dan pemeliharaan kebersihan kamar
ditentukan oleh housekeeping oleh karena itu makahousekeeping harus
di perhatikan dengan baik agar para tamu betah tinggal di hotel.
Tanggung Jawab bagian housekeeping meliputi
area :
1. Ruang tamu (guest
room)
2. Gang ( corridor)
3. Restauran dan
banquet ( restaurant and banquet hall)
4. Ruang kantor
( office )
5. Locker
karyawan ( employee Locker)
6. Toilet
karyawan ( Toilet locker )
7. Toilet tamu
( guest toilet )
8. Taman di
dalam dan di luar ruangan (in and out door garden)
9. Kolam renang
( swimmingpool), dan
10. Halaman parkir ( parking
area )
a.
Tugas bagian Housekeeping adalah
sebagai berikut :
1.
Menciptakan suasana hotel yang bersih,
menarik, nyaman, dan aman.
2.
Memberikan pelayanan di kamar dengan
sebaik-baiknya kepada tamu, supaya tamu merasa puas saat berkunjung maupun
menginap di hotel.
3.
Penyiapan, penataan, dan pemeliharaan
kamar-kamar.
4.
Bertanggung jawab atas pemeliharaan kebersihan
seluruh outlet dan ruangan umum di hotel.
b . Sasaran
Beberapa sasaran housekeeping adalah :
1. Bersih
Kebersihan di suatu ruangan dan kamar tamu di
hotel sangat menentukan. Bila kebersihan terjaga maka tamu menjadi tenang
karena sanitasi dan hygiene terjamin. Inilah langkah pertama tamu dalam menilai
suatu hotel.
2. Menarik
Dengan dasar kebersihan pada suatu ruangan dan
ditunjang dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi maka ruangan akan
menjadi menarik.
3. Nyaman
Lingkungan dan ruangan suatu hotel yang
bersih, menarik, dan tenang dengan pelayanan yang memuaskan akan membuat tamu
dan pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal atau berkunjung kembali ke
hotel.
4. Aman
Faktor penting yang selalu didambakan
pengujung atau tamu yaitu keamanan. Keamanan tamu selama selama berkunjung atau
menginap di hotel meliputi keamanan pribadi dari kecurian, kebakaran, dan
bahaya dari peralatan hotel.
v Tugas dan
tanggung jawab Housekeeping departemen
sebagai berikut:
a.
Morning shift
·
Posting pagi
·
Menggunakan uniform
·
Melihat guest list
check in dan check out
·
Memeriksa peralatan
kerja
·
Mengambil sheet dan
peralatan lain untuk di set up ke kamar jika tamu sudah check out
·
Memeriksa sign (don’t
disturb) di kamar
·
Making bed dan
membersihkan toilet
·
Membersihkan kamar tamu
(Re-clean)
·
Membersihkan area hotel
·
Mengecek barang barang
yang kurang
·
Mengambil orderan di
office
·
Menyiapkan peralatan
untuk yang shift sore
·
Membersihkan peralatan
kerja
·
Over handle kepada yang
shift sore.
b.
Afternoon shift
·
Melihat guest list
check in check out
·
Memeriksa kamar tamu
yang akan tiba
·
Membersihkan parking
area
·
Menyiapkan sheet dan
peralatan lain untuk besok
·
Membersihkan kamar jika
tamu tersebut mau dibersihkan kamarnya
·
Memeriksa semua
peralatan sudah ready untuk besok
·
Memberikan pelayanan
yang baik dan memuaskan kepada setiap tamu.
Alat-Alat Yang
Digunakan:
- Floor
broom
- Mop
- Dushpen
- Cady
- Toilet
bowl brush
- Sponge
- Ped
- Hand
brush
- Bottle
sprayer
- Squis
Menata trolley dan perlengkapan
Room attendant trolley biasanya disimpan di pantry, yaitu ruangan yang luasnya
seukuran kamar untuk menyimpan semua kebutuhan untuk satu lantai. Dalam satu
lantai terdapat beberapa trolley, dimana jumlah trolley disesuaikan dengan
jumlah kamar. Sebagian besar trolley memiliki tiga rak. Masing-masing rak
mempunyai fungsi khusus. Dua rak paling bawah untuk menempatkan linen dan rak
paling atas untuk meletakkan aminities kamar. Penempatan sheet sebaiknya ditata
menurut jenisnya seperti single sheet, double sheet, pillow case,
dll.
Hal yang perlu diperhatikan room attendant ketika
menggunakan trolley adalah sebagai berikut:
- Trolley
ditempatkan dekat dengan dinding dan tidak menghalangi koridor
- Trolley
didorong bukan ditarik
- Trolley
harus selalu dalam keadaan bersih dan rapi sehigga enak dipandang mata
- Usahakan
untuk tetap menempatkan trolley dekat dengan area kerja
- Jagalah
barang-barang pada trolley tetap tertata rapi pada tempatnya
- Jangan
pernah mengisi trolley melebihi kapasitas. Room attendant harus tetap
dapat melihat arah ke depan
- Lengkapi
trolley dengan persediaan yang cukup agar pekerjaan menjadi efisisen
Prioritas pembersihan kamar
- Kamar-kamar
yang telah meminta untuk dibersihakan terlebih dahulu, biasanya dipasang
tanda ”please make up my room”
- Kamar-kamar
yang berangkat pagi ( early check out )
- Kamar-kamar
check out yang lain
- Kamar-kamar
occupied
- Kamar-kamar
yang meminta dibersihakan pada waktu waktu terakhir (siang hari )
Membersihkan dan merapikan kamar
- Mengetuk
pintu kamar / knocking the door
Sebelum memasuki kamar tamu, ketuk
pintu menggunakan jari tengah. Setelah mengetuk pintu, ucapkan identitas departemen
seperti ”Room boy”, ”Room maid”, atau ”housekeeping”. Kemudian tunggu 5 sampai
10 menit, jika belum ada jawaban ulangi mengetuk pintu, setelah tiga kali tidak
mendapat jawaban, buka pintu pelan-pelan sambil mengucapkan ”Housekeeping, may
i come in, please?”
- Memasuki
kamar tamu / entering the guestroom
- Apabila tamu ada di dalam kamar ucapkan “I am
sorry to disturb you, May I clean your room”. Dari jawaban tamu, anda
akan mengetahui apakah harus kembali lagi pada waktu yang ditentukan oleh
tamu atau boleh masuk dan membersihkan pada waktu itu juga.
- Apabila tamu masih tertidur, tinggalkan kamar
dengan menutup pintu kembali perlahan-lahan.
- Apabila anda mendengar suara yang menunjukkan tamu
sedang di kamar mandi, tinggalkan kamar dengan menutup pintu pelan-pelan.
Jika tamu mendengar anda masuk sementara ia masih di kamar mandi, minta
maaflah dan katakan anda akan kembali lagi nanti.
- Apabila tamu kebetulan tidak berada di dalam kamar,
lanjutkan dengan pembersihan kamar sesuai standar.
- Apabila kamar tamu masih dalam tanda ”Do Not
Disturb” hingga siang hari, maka laporkan kepada supervisor
- Laporkan juga kepada supervisor menenai kamar-kamar
yang dikunci ganda dan tidak merespon panggilan anda.
- Pekerjaan
awal / beginning tasks
- Nyalakan semua lampu yang ada
- Buka tirai kamar dan perikasa keadannya
- Periksa pengatur pendingin ruangan (AC)
- Periksa kondisi kamar dan peralatan electronik
secara keseluruhan
- Angkat semua linen kotor kamar mandi dan tampung di
kantong linen kotor pada trolley
- Angkat asbak dan gelas kotor. Buang abu rokok di
tempat sampah dan bawa asbak dan gelas kotor tersebut ke kamar
mandi, rendam di wash basin menggunkan air hangat. Kemudian ambil semua
sampah, tampung sampah tersebut di kantong sampah pada trolley. Keluarkan
tray, gelas, botol dan peralatan room service tempatkan di pinggir
koridor. Telepon seksi room service untuk mengambilnya
- Pada kamar occupied, rapikan majalah, koran-koran,
kertas-kertas lainnya. Jangan pernah membuang kertas atau barang yang
anda anggap tidak penting di dalam kamar occupied kecuali barang tersebut
sudah berada di tempat sampah.
- Jika membersihkan kamar check out, periksa laci
meja untuk memastikan tidak terdapat barang-barang tamu yang tertinggal
- Menata
tempat tidur / make up bed
Untuk kamar occupied, pembersihan utama dimulai dari
penataan tempat tidur, karena penampilan tempat tidur akan mempengaruhi
penilaian tamu terhadap keseluruhan kamar. Meskipun kamar mandi dan tempat lain
belum dikerjakan, namun apabila tempat tidur sudah di-make up, kesan bersih dan
rapi dapat diciptakan. Disarankan untuk stripping bed (melepas linen-linen
tempat tidur) segera setelah memasuki kamar tamu. Sebelum striping bed
pindahkan barang-barang milik tamu yang mungkin diletakkan di atas tempat
tidur, letakkan di tempat yang mudah dilihat seperti di bed side table agar
setelah selesai make up barang tersebut dapat dikembalikan pada posisi semula
di atas tempat tidur.
BAB III
PENUTUP
3.1. Simpulan
Dari Pelaksanaan Praktek Kerja Industri, penulis dapat menyimpulkan
bahwa dengan adanya Praktek Kerja Industri sebagai salah satu kurikulum yang
wajib diikuti, penulis dapat mempraktekkan teori dan praktek yang di dapat di
Sekolah di industri, sehingga penulis dapat membandingkan dan menambah ilmu
yang kurang dari pelaksanaan Praktek Kerja Industri
tersebut.
Bahwa dalam Praktek Kerja Industri yang dilakukan di
industri memiliki manfaat yang sangat besar bagi penulis sebagai jenjang dalam
meniti karier di bidang pariwisata dan perhotelan, sebab dengan melaksanakan
training di industri, penulis bisa mengetahui segala sesuatu yang ada di hotel
dan apa yang di lakukan di hotel
Selain itu, melalui Praktek Kerja Industri juga membuat
penulis menjadi tahu bagaimana cara melayani tamu dengan baik, dan mengetahui
standar minimum yang harus diketahui dalam bekerja. Dari Praktek Kerja Industri
ini juga penulis mengetahui bagaimana caranya bekerja dengan cepat dan tepat.
3.2. Saran
·
Ditingkatkan suasana
kerja yang kompak dan kekeluargaan.
·
Melaksanakan prakerin
dengan penuh semangat dan total, sehingga setelah selesai nanti benar-benar
mendapatkan hasil yang maksimal pula,
·
Mempertahankan serta
meningkatkan pelayanan kepada tamu.
·
Sebagai seorang
trainee sebaiknya digunakan sebaik mungkin sebagai tempat bertanya dan belajar
banyak hal mengenai dunia industri pehotelan dan pariwisata
·
Sebaiknya semua
trainee selalu disiplin dalam hal mentaati semua aturan yang berlaku di hotel.
·
Sebaiknya management
tidak memaksakan kehendak untuk memanfaatkan tenaga trainee untuk sistem kerja
overtime.
·
Sebaiknya management
tidak melarang kewajiban trainee, seperti kegiatan gathering ketika tenaga
trainee dibutuhkan pada saat occupancy tinggi.
·
LAMPIRAN-LAMPIRAN
·
FOTO-FOTO NOVOTEL LOMBOK
·
·
·
·
·
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar