_kP89Mh0nklE4uIBzHyZTc8CjuSbJfbn2drnrosM_EA" /> nafisa computer: Laporan Prakerin di Novotel Lombok (Jurusan AP)

Selasa, 14 Januari 2020

Laporan Prakerin di Novotel Lombok (Jurusan AP)



LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
( PRAKERIN )
HOUSE KEEPING DEPARTEMENT
DI NOVOTEL HOTEL & RESORT
Disusun Oleh :
WISNU PADLI KHAIRUL GUNAWAN
Kelas : XI
JURUSAN : AKOMODASI PERHOTELAN
PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
DINAS PENDIDIKAN DAN  KEBUDAYAAN
SMK NEGERI 1 PUJUT
Jl.Bung Karno No.08 Pujut Lombok Tengah NTB
Email :smkn_pujut@yahoo.com

TAHUN PELAJARAN 2018/2019  



KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas berkat rahmat, tarufik, hidayah serta ridho-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini. Laporan Praktik Kerja Industri saya tulis atas dasar semua yang telah saya dapat selama mengikuti praktek kerja industri di Novotel Hotels & Resort selama kurang lebih 3 bulan (03 Oktober 2018  s/d  31 Desember 2018 ).
Praktik kerja industri merupakan kegiatan yang bersifat wajib untuk setiap siswa/siswi SMK Negeri 1 Pujut sebagai salah satu syarat untuk melanjutkan ke semester berikutnya, serta sebagai salah satu bentuk pertanggung jawaban saya dalam menjalani tugas kerja selama mengikuti prakerin. Praktik kerja industri merupakan kegiatan siswa/siswi yang dilaksanakan minimal 3 bulan di suatu perusahaan yang sesuai dengan jurusan masing-masing.
Kegiatan ini meliputi pelaksanaan kerja praktik di perusahaan dan penulisan laporan kerja praktek. Tujuan praktik industri sebenarnya adalah memperkenalkan siswa/siswi dunia kerja industri secara nyata sekaligus memberikan suatu pengalaman yang berhubungan dengan keindustrian. Setelah saya selesai melaksanakan kerja praktik ini, penulis merasa tujuan itu telah saya penuhi dengan baik.
Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada :
1.      Bapak  H.Mahyudin, S.Ag, MM. selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Pujut
2.      Bapak Lalu Astawirawan, A.Md.Par. selaku Guru Pembimbing
3.      Bapak Moh. Khaerul Akham, S.ST.Par, selaku Ketua Program
4.      Bapak/Ibu guru yang telah dengan ikhlas memberikan kami ilmu.
5.      Sembah sujud kami kepada sosok malaikat dunia Ayah dan Bunda yang telah memperjuangkan kami dalam rangka penulisan Laporan ini sehingga kami dapat menyelesaikan dengan baik.
Demikian yang dapat penulis sampaikan, tentunya dalam menyusun lapoan ini saya masih banyak kekurangan, mohon kritik dan saran demi kesempurnaan penyusunan laporan ini.
                                                                       
                                                                                             Penyusun

                                                                 Wisnu Fadli K.G

LEMBAR PENGESAHAN

Laporan pelaksanaan Praktik Kerja industry yang dilaksanakan di Novotel Hotels & Resort  telah disetujui pada tanggal …. Januari 2019

Menyetujui :




Guru Pembimbing





Lalu Astawirawan, A.Md.Par


Ketua Program
Akomodasi Perhotelan





Moh. Khaerul Akhkam, SST.Par
Nip : 198709282015031001


Mengetahui :
Kepala Sekolah,





H. Mahyudin, S.Ag, MM
NIP. 197207021998021002
















DAFTAR ISI

Halaman Judul                                                                                                 i        
Kata Pengantar................................................................................................ ii
Lembar Pengesahan ....................................................................................... iii
Daftar Isi......................................................................................................... iv
BAB I.  PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang.................................................................................... 1
1.2.Tujuan.................................................................................................. 1
1.3.Waktu dan Tempat ............................................................................. 2
BAB II. HASIL PRAKTIK KERJA INDUSTRI
2.1.Hotel Knowledge................................................................................ 3
1.   Sejarah singkat  Novotel Hotels & Resort ................................... 3
2.      Lokasi .......................................................................................... 5
3.      Perincian dan Fasilitas  ................................................................ 5
2.2.House keeping..................................................................................... 6
BAB III. PENUTUP
3.1. Kesimpulan ................................................................................. 13
            3.2. Saran ........................................................................................... 13
LAMPIRAN-LAMPIRAN













BAB I
PENDAHULUAN

1.1.       Latar Belakang Praktek Kerja Industri (Prakerin)

Dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran SMK 1 Pujut mempunyai kopetensi keahlian yaitu Akomodasi Perhotelan. Kopetensi keahlian tersebut terdiri dari mata pelajaran teori, praktek dan laboratorium.
Pada kenyataan sering terjadi perbedaan pemahaman antara siswa antara teori dan praktek nyata di dunia pariwisata usaha dan industri. Untuk itu perlu diadakan suatu program yaitu berupa Praktek Kerja Industri (Prakerin) langsung pada dunia usaha.
 Praktek Kerja Industri (Prakerin) merupakan suatu program yang wajib dilakukan oleh siswa atau siswi SMK Negeri 1 Pujut. Program ini merupakan sarana untuk menjambatani pemahaman antara teori dibangku sekolah dengan kondisi dunia nyata di lapangan yang dapat meninfgkatkan ilmu pengetahuan di dunia industri. Selain itu Praktek Kerja Industri dapat menjadi modal untuk melamar pekerjaan di dunia industri bagi siswa atau siswi SMK Negeri 1 Pujut.
Praktek kerja lapangan merupakan suatu kegiatan kerja siswa yang ditempatkan pada suatu tempat, selain itu praktek kerja lapangan yang dilakukan dapat membantu siswa agar lebih memahami bidang studi yang ditekuninya dan mendapat gambaran nyata di dunia pariwisata.

1.2.Tujuan Praktek Kerja Industri (prakerin)    
Banyak tujuan yang ingin penulis capai dari kegiatan Prakerin, antara lain:
v  Untuk memenuhi program pembelajaran yang telah ditetapkan oleh
sekolah, yaitu melaksanakan program prakerin selama 3 bulan
v  Untuk mengetahui perbandingan antara praktek kerja di lapangan dengan teori yang didapat di bangku sekolah.
v  Untuk mengembangkan dan memperluas wawasan tentang kepariwisataan.
v  Untuk menerapkan ilmu pengetahuan (teori) yang diperoleh di bangku sekolah dan di lapangan.
v  Untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya sebagai bekal untuk masa depan.

1.3. Tempat dan Waktu Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin)
Waktu pelaksanaan praktek kerja lapangan yang dilaksanakan penulis, yaitu tanggal 03 Oktober 2018 sampai dengan 31 Desember 2018 bertempat di Novotel Hotels & Resort .


BAB II
HASIL PRAKTIK KERJA INDUSTRI
2.1.Hotel Knowledge
Hotel adalah suatu akomodasi yang menyediakan fasilitas yang lengkap bagi tamu atau pengunjung yang menginap, seperti makanan, minuman, kolam renang, sarana olahraga dan lain sebagainnya tergantung besar kecil hotel tersebut dan fasilitas yang ditawarkan. Dalam suatu hotel, tidak hanya fasilitas-fasilitas tersebut yang membuat pengunjung atau tamu merasa nyaman dan puas, tetapi juga keramahan atau service seluruh karyawan hotel dapat menjadi nilai lebih bagi hotel tersebut. Tidak sembarangan orang dapat menjadi karyawan hotel, setiap karyawan hotel harus memiliki kemampuan tersendiri di bidangnya masing-masing yang mereka dapatkan dari sekolah tempatnya menimba ilmu. Di beberapa daerah khususnya di bali, sudah banyak didirikan sekolah-sekolah dengan jurusan kepariwisataan yang mendidik siswanya khusus tentang dunia pariwisata.

1.      Sejarah Singkat Novotel Hotels & Resort 

Novotel resort and villas Hotel Lombok merupakan Hotel berbintang yang pertama kali di bangun di lombok tengah Mulai dibangun pada tahun 1995 peletakan batu pertama dan kemudian grend opening tahun 1997 yg di resmikan oleh bupati lombok tengah L .warsitu pada saat itu pada tahun 1997 novotel hotel and resort bernaung di bawah perusahan accor hotel dari parncis.
Novotel lombok merupakan resort bintang 4 yang berada di pantai utara Lombok, sekitar 60 menit dari Bandara. Hotel ini merupakan tempat yang pas untuk bersantai saat liburan menikmati keindahan alam Indonesia bersama rekan ataupun keluarga. Ruangannya sangat menyenangkan, nyaman dan luas. Hotel ini dilengkapi dengan kolam renang, 2 restoran yang berada di Pantai, natural lagoon, olah raga air, kids club, daily activities, program kesehatan dan ruang pertemuan yang bisa mnampung hingga 120 orang.
Kamar
Semua kamar tipe superior mempunyai pavilion yang beratapkan jerami dan dilengkapi dengan fasilitas yang modern, berada di lantai 2 dan 3. Semuanya dilengkapi dengan fasilitas kamar yang lengkap. pada tipe kamar ini tidak dilengkapi dengan bathtub tapi shower dan closet yang berada terpisah.
Restoran & Makanan
Restoran berada di ruangan terbuka yang menawarkan hidangan lokal dan internasional, termasuk juga hidangan laut.
Kegiatan & Olahraga
Banyak macam fasilitas yang disediakan oleh hotel seperti kids club, fitness centre, butik, ruang pertemuan, kolam renang, penyewaan sepeda gunung dan 4-wheels drive vehicles untuk bertamasya.










2.      Lokasi Novotel Hotels & Resort
Novotel Lombok terletak di pantai utara Pulau Lombok, di Pantai Kuta Putri Nyale Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, Lombok, Nusa Tenggara Barat 83001  Telepon: (0370) 6153333.

3.      Perincian dan fasilitas hotel 
      Fasilitas hotel
  • Kolam Renang Outdoor
  • Faks/Fotokopi
  • Fasilitas Rapat/Perjamuan
  • Restoran (prasmanan)
  • Restoran (a la carte)
  • Bar
  • Spa
  • Wi -fi
      Umum
· Layanan 24 jam
· Tempat parkir mobil
· Layanan Laundry
· Restoran
· Layanan kamar
· Akses jaringan internet
· Penitipan bayi
· Pusat bisnis
· Check-in awal
· Lobi
            Fasilitas tambahan :
· Gym / Pusat kebugaran
· Penyewaan sepeda
· Sepeda / sepeda gunung
· Pijat
·         Berkano
·         Perpustakaan
·         Penyewaan Sepeda
·         Permainan Anak Panah
·         Tenis Meja
·         Biliar
·         Taman Bermain Anak
·         Pemijatan
·         Spa & Pusat Kesehatan
·         Ruang Permainan
·         Memancing
·         Pusat Kebugaran
·         Fasilitas ATM di-tempat
  •   Penitipan Bagasi
  •   Layanan Tiket
  •   Meja Layanan Wisata
  •   Penukaran Valuta Asing
  •    Layanan kebersihan harian
  •    Perapi Celana
  •    Binatu

2.2.House Keeping Departemen
Housekeeping adalah bagian atau departemen yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan, dan memberi dekorasi dengan tujuan agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan penghuninya. Housekeeping departement adalah bagian dari hotel yang bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan, dan kenyamanan kamar (guest room), ruangan umum, restauran, bar, outlet lainnya.
Housekeeping departemen, bagi sebagian besar hotel, merupakan sumber pendapatan hotel yang paling besar. Karena tamu yang menginap tentu mengeluarkan uang lebih banyak untuk sewa bila dibandingkan dengan uang yang harus dibayarkannya untuk makan dan minum serta pengeluaran yang lain. Sebagai sumber pendapatan, housekeeping department harus ditangani oleh tenaga-tenaga trampil dan professional.
Fungsi hoekeeping dalam hotel sangat penting. Kelancaran penyiapan dan pemeliharaan kebersihan kamar ditentukan oleh housekeeping oleh karena itu  makahousekeeping harus di perhatikan dengan baik agar para tamu betah tinggal di hotel.
  Tanggung Jawab bagian housekeeping meliputi area :
  1.    Ruang tamu (guest room)
  2.    Gang ( corridor)
  3.    Restauran dan banquet ( restaurant and banquet hall)
  4.    Ruang kantor ( office )
  5.    Locker karyawan ( employee Locker)
  6.    Toilet karyawan ( Toilet locker )
  7.    Toilet tamu ( guest toilet )
  8.    Taman di dalam dan di luar ruangan (in and out door garden)
  9.    Kolam renang ( swimmingpool), dan
  10. Halaman parkir ( parking area ) 

a.       Tugas bagian Housekeeping adalah sebagai berikut :
1.      Menciptakan suasana hotel yang bersih, menarik, nyaman, dan aman.
2.      Memberikan pelayanan di kamar dengan sebaik-baiknya kepada tamu, supaya tamu merasa puas saat berkunjung maupun menginap di hotel.
3.      Penyiapan, penataan, dan pemeliharaan kamar-kamar.
4.      Bertanggung jawab atas pemeliharaan kebersihan seluruh outlet dan ruangan umum di hotel.
 b .  Sasaran
Beberapa sasaran housekeeping adalah :
1.   Bersih
Kebersihan di suatu ruangan dan kamar tamu di hotel sangat menentukan. Bila kebersihan terjaga maka tamu menjadi tenang karena sanitasi dan hygiene terjamin. Inilah langkah pertama tamu dalam menilai suatu hotel.
2.   Menarik
Dengan dasar kebersihan pada suatu ruangan dan ditunjang dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi maka ruangan akan menjadi menarik.
3.   Nyaman
Lingkungan dan ruangan suatu hotel yang bersih, menarik, dan tenang dengan pelayanan yang memuaskan akan membuat tamu dan pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal atau berkunjung kembali ke hotel.
4.   Aman
Faktor penting yang selalu didambakan pengujung atau tamu yaitu keamanan. Keamanan tamu selama selama berkunjung atau menginap di hotel meliputi keamanan pribadi dari kecurian, kebakaran, dan bahaya dari peralatan hotel.

v Tugas dan tanggung jawab  Housekeeping departemen sebagai berikut:
a.         Morning shift
·         Posting pagi
·         Menggunakan uniform
·         Melihat guest list check in dan check out
·         Memeriksa peralatan kerja
·         Mengambil sheet dan peralatan lain untuk di set up ke kamar jika tamu sudah check out
·         Memeriksa sign (don’t disturb) di kamar
·         Making bed dan membersihkan toilet
·         Membersihkan kamar tamu (Re-clean)
·         Membersihkan area hotel
·         Mengecek barang barang yang kurang
·         Mengambil orderan di office
·         Menyiapkan peralatan untuk yang shift sore
·         Membersihkan peralatan kerja
·           Over handle kepada yang shift sore.
b.             Afternoon shift
·         Melihat guest list check in check out
·         Memeriksa kamar tamu yang akan tiba
·         Membersihkan parking area
·         Menyiapkan sheet dan peralatan lain untuk besok
·         Membersihkan kamar jika tamu tersebut mau dibersihkan kamarnya
·         Memeriksa semua peralatan sudah ready untuk besok
·         Memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan kepada setiap tamu.
 Alat-Alat Yang Digunakan:
  1. Floor broom
  2. Mop
  3. Dushpen
  4. Cady
  5. Toilet bowl brush
  6. Sponge
  7. Ped
  8. Hand brush
  9. Bottle sprayer
  10. Squis
Menata trolley dan perlengkapan           
            Room attendant trolley biasanya disimpan di pantry, yaitu ruangan yang luasnya seukuran kamar untuk menyimpan semua kebutuhan untuk satu lantai. Dalam satu lantai terdapat beberapa trolley, dimana jumlah trolley disesuaikan dengan jumlah kamar. Sebagian besar trolley memiliki tiga rak. Masing-masing rak mempunyai fungsi khusus. Dua rak paling bawah untuk menempatkan linen dan rak paling atas untuk meletakkan aminities kamar. Penempatan sheet sebaiknya ditata menurut jenisnya seperti single sheet, double sheet, pillow case, dll.           
Hal yang perlu diperhatikan room attendant ketika menggunakan trolley adalah sebagai berikut:
  1. Trolley ditempatkan dekat dengan dinding dan tidak menghalangi koridor
  2. Trolley didorong bukan ditarik
  3. Trolley harus selalu dalam keadaan bersih dan rapi sehigga enak dipandang mata
  4. Usahakan untuk tetap menempatkan trolley dekat dengan area kerja
  5. Jagalah barang-barang pada trolley tetap tertata rapi pada tempatnya
  6. Jangan pernah mengisi trolley melebihi kapasitas. Room attendant harus tetap dapat melihat arah ke depan
  7. Lengkapi trolley dengan persediaan yang cukup agar pekerjaan menjadi efisisen
Prioritas pembersihan kamar
  1. Kamar-kamar yang telah meminta untuk dibersihakan terlebih dahulu, biasanya dipasang tanda ”please make up my room”
  2. Kamar-kamar yang berangkat pagi ( early check out )
  3. Kamar-kamar check out yang lain
  4. Kamar-kamar occupied
  5. Kamar-kamar yang meminta dibersihakan pada waktu waktu terakhir (siang hari )
Membersihkan dan merapikan kamar
  1. Mengetuk pintu kamar / knocking the door
Sebelum memasuki kamar tamu, ketuk pintu menggunakan jari tengah. Setelah mengetuk pintu, ucapkan identitas departemen seperti ”Room boy”, ”Room maid”, atau ”housekeeping”. Kemudian tunggu 5 sampai 10 menit, jika belum ada jawaban ulangi mengetuk pintu, setelah tiga kali tidak mendapat jawaban, buka pintu pelan-pelan sambil mengucapkan ”Housekeeping, may i come in, please?”
  1. Memasuki kamar tamu / entering the guestroom
    1. Apabila tamu ada di dalam kamar ucapkan “I am sorry to disturb you, May I clean your room”. Dari jawaban tamu, anda akan mengetahui apakah harus kembali lagi pada waktu yang ditentukan oleh tamu atau boleh masuk dan membersihkan pada waktu itu juga.
    2. Apabila tamu masih tertidur, tinggalkan kamar dengan menutup pintu kembali perlahan-lahan.
    3. Apabila anda mendengar suara yang menunjukkan tamu sedang di kamar mandi, tinggalkan kamar dengan menutup pintu pelan-pelan. Jika tamu mendengar anda masuk sementara ia masih di kamar mandi, minta maaflah dan katakan anda akan kembali lagi nanti.
    4. Apabila tamu kebetulan tidak berada di dalam kamar, lanjutkan dengan pembersihan kamar sesuai standar.
    5. Apabila kamar tamu masih dalam tanda ”Do Not Disturb” hingga siang hari, maka laporkan kepada supervisor
    6. Laporkan juga kepada supervisor menenai kamar-kamar yang dikunci ganda dan tidak merespon panggilan anda.
  1. Pekerjaan awal / beginning tasks
    1. Nyalakan semua lampu yang ada
    2. Buka tirai kamar dan perikasa keadannya
    3. Periksa pengatur pendingin ruangan (AC)
    4. Periksa kondisi kamar dan peralatan electronik secara keseluruhan
    5. Angkat semua linen kotor kamar mandi dan tampung di kantong linen kotor pada trolley
    6. Angkat asbak dan gelas kotor. Buang abu rokok di tempat sampah  dan bawa asbak dan gelas kotor tersebut ke kamar mandi, rendam di wash basin menggunkan air hangat. Kemudian ambil semua sampah, tampung sampah tersebut di kantong sampah pada trolley. Keluarkan tray, gelas, botol dan peralatan room service tempatkan di pinggir koridor. Telepon seksi room service untuk mengambilnya
    7. Pada kamar occupied, rapikan majalah, koran-koran, kertas-kertas lainnya. Jangan pernah membuang kertas atau barang yang anda anggap tidak penting di dalam kamar occupied kecuali barang tersebut sudah berada di tempat sampah.
    8. Jika membersihkan kamar check out, periksa laci meja untuk memastikan tidak terdapat barang-barang tamu yang tertinggal




  1. Menata tempat tidur / make up bed
Untuk kamar occupied, pembersihan utama dimulai dari penataan tempat tidur, karena penampilan tempat tidur akan mempengaruhi penilaian tamu terhadap keseluruhan kamar. Meskipun kamar mandi dan tempat lain belum dikerjakan, namun apabila tempat tidur sudah di-make up, kesan bersih dan rapi dapat diciptakan. Disarankan untuk stripping bed (melepas linen-linen tempat tidur) segera setelah memasuki kamar tamu. Sebelum striping bed pindahkan barang-barang milik tamu yang mungkin diletakkan di atas tempat tidur, letakkan di tempat yang mudah dilihat seperti di bed side table agar setelah selesai make up barang tersebut dapat dikembalikan pada posisi semula di atas tempat tidur.





















BAB III
PENUTUP
3.1.  Simpulan
Dari Pelaksanaan Praktek Kerja Industri, penulis dapat menyimpulkan bahwa dengan adanya Praktek Kerja Industri sebagai salah satu kurikulum yang wajib diikuti, penulis dapat mempraktekkan teori dan praktek yang di dapat di Sekolah di industri, sehingga penulis dapat membandingkan dan menambah ilmu yang kurang dari pelaksanaan Praktek Kerja Industri tersebut.           
Bahwa dalam Praktek Kerja Industri yang dilakukan di industri memiliki manfaat yang sangat besar bagi penulis sebagai jenjang dalam meniti karier di bidang pariwisata dan perhotelan, sebab dengan melaksanakan training di industri, penulis bisa mengetahui segala sesuatu yang ada di hotel dan  apa yang di lakukan di hotel                       
Selain itu, melalui Praktek Kerja Industri juga membuat penulis menjadi tahu bagaimana cara melayani tamu dengan baik, dan mengetahui standar minimum yang harus diketahui dalam bekerja. Dari Praktek Kerja Industri ini juga penulis mengetahui bagaimana caranya bekerja dengan cepat dan tepat.

3.2.   Saran
·         Ditingkatkan suasana kerja yang kompak dan kekeluargaan.
·         Melaksanakan prakerin dengan penuh semangat dan total, sehingga setelah selesai nanti benar-benar mendapatkan hasil yang maksimal pula, 
·         Mempertahankan serta meningkatkan pelayanan kepada tamu.
·         Sebagai seorang trainee sebaiknya digunakan sebaik mungkin sebagai tempat bertanya dan belajar banyak hal mengenai dunia industri pehotelan dan pariwisata
·         Sebaiknya semua trainee selalu disiplin dalam hal mentaati semua aturan yang berlaku di hotel.
·         Sebaiknya management tidak memaksakan kehendak untuk memanfaatkan tenaga trainee untuk sistem kerja overtime.
·         Sebaiknya management tidak melarang kewajiban trainee, seperti kegiatan gathering ketika tenaga trainee dibutuhkan pada saat occupancy tinggi.
·         LAMPIRAN-LAMPIRAN
·         FOTO-FOTO NOVOTEL LOMBOK

Novotel Lombok - hotel di Lombok


 
Novotel Lombok - hotel di Lombok

·        
·          
·        
·          
·        

 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar