_kP89Mh0nklE4uIBzHyZTc8CjuSbJfbn2drnrosM_EA" /> nafisa computer: Laporan Prakerin di Puri Indah Hotel (Jurusan JB)

Selasa, 14 Januari 2020

Laporan Prakerin di Puri Indah Hotel (Jurusan JB)



LAPORAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI
( PRAKERIN )







Disusun Oleh :
NAMA    : RENA PRAYATNI
JURUSAN : JASA BOGA
DEPARTEMENT :  PASTRY
NAMA DU/DI :
PURI INDAH HOTEL & CONVENTIONS
NIS : 1872


PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
DINAS PENDIDIKAN DAN  KEBUDAYAAN
SMK NEGERI 1 PUJUT
Jl.Bung Karno No.08 Pujut Lombok Tengah NTB
Email :smkn_pujut@yahoo.com

TAHUN DIKLAT 2018/2019  

    LEMBAR PENGESAHAN

 Oleh : SMK NEGERI 1 PUJUT

Laporan Praktik Kerja Idustri  ini telah ditanda tangani dan disahkan oleh pihak SMK Negeri 1 Pujut pada hari Senin, 08 April 2019.


                                                                                         Pujut, 08 April 2019

Ketua Program Keahlian
Jasa Boga





RENI ROESMAYANTI, S.Pi
NIP : 197907062006042009




Guru Pembimbing





RENI ROESMAYANTI, S.Pi
NIP : 197907062006042009


Mengetahui
 Kepala Sekolah,





H. MAHYUDIN, S.Ag.MM
NIP. 197207021998021002








     LEMBAR PENGESAHAN

 Oleh :
Pihak Puri Indah Hotel & Conventions

Laporan Praktik Kerja Idustri  ini telah ditanda tangani dan disahkan oleh pihak Puri Indah Hotel & Conventions pada hari Senin, 08 April 2019.


                                                                                   

Sous Chef 1





( HERMAN OKTOFIN  )



Sous  Chef 2




( ANTON SUGIANTO )

HRD Manager





(Drs. LENI ROSALINA  )










KATA PENGANTAR

 Segala puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kami Rahmat dan HidayahNya sehingga kami dapat menyelesaikan Laporan ini dengan baik dan tepat waktu.
Praktik Kerja Industri  ini merupakan salah satu program studi yang wajib diikuti bagi setiap siswa siswi SMK untuk lebih mengenal lebih jauh dan lebih mendalam tentang dunia industri yang nantinya sebagai lapangan kerja sesuai keahlian setelah tamat sekolah/belajar.
Laporan ini mengurai/menjelaskan tentang seluk beluk hotel/fasilitas hotel yang telah kami dapatkan selama kami mengikuti kegiatan Praktik Kerja Industri di Puri Indah Hotel & Conventions pada Departement  Pastry & Service .
Tak lupa kami ucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada :
Ø  Bapak H.Mahyudin, S.Ag.MM selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Pujut.
Ø  Ibu Reni Rusmayanti, S.Pi  selaku Ketua Program Keahlian Jasa Boga
Ø  Ibu Reni Rusmayanti, S.Pi ,  selaku guru Pembimbing kami.
Ø  Bapak/Ibu guru yang telah dengan ikhlas memberikan kami ilmu.
Ø  Sembah sujud kami kepada sosok malaikat dunia Ayah dan Bunda yang telah memperjuangkan kami dalam rangka penulisan Laporan ini sehingga kami dapat menyelesaikan dengan baik.
Ø  Serta kami ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang telah banyak memberikan kami support dan semangat serta semua bantuan-bantuan yang sangat membantu pada kami.   
Penulis menyadari laporan ini jauh dari sempurna mengingat manusia itu tidak ada yang sempurna, maka dari itu saran dan kritik yang bersifat membangun sangatlah kami butuhkan demi kesempurnaan laporan ini.
      Pujut,  08 April  2019
                Penulis


                                                      RENA PRAYATNI
DAFTAR ISI
Lembar Judul / Sampul                                                                                   i         
Lembar Pengesahan oleh pihak SMK Negeri 1 Pujut..................................... ii
Lembar Pengesahan oleh hotel........................................................................ iii
Kata Pengantar................................................................................................ iv
Daftar Isi......................................................................................................... v
BAB I.  PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang.................................................................................... 1
1.2.Tujuan.................................................................................................. 2
1.3.Waktu dan Tempat ............................................................................. 2
BAB II. TINJAUAN PUSTAKA
2.1.Pengertian F & B Product................................................................... 3
2.1.1.      Cold kitchen ........................................................................... 4
2.1.2.      Main kitchen ........................................................................... 4
2.1.3.      Pastry ..................................................................................... 4
2.1.4.      Banquet Kitchen ....................................................................  6
2.2.Pengertian F B S.................................................................................. 7
2.2.1.      Restaurant ............................................................................... 7
2.2.2.      Bar .......................................................................................... 7
2.2.3.      Room service........................................................................... 9
2.2.4.      Banquet .................................................................................. 9
BAB III. GAMBARAN UMUM
3.1.Profil Hotel  ....................................................................................... 10
3.2.Struktur Hotel   .................................................................................. 11
3.3.Fasilitas Hotel    ................................................................................. 12
BAB IV. PEMBAHASAN
4.1.Menu di pastry   ................................................................................. 13
4.2.Kegiatan selama prakerin   ................................................................. 19
BAB V. PENUTUP
5.1.  Kesimpulan ....................................................................................... 21
     5.2.  Saran.................................................................................................. 21
  DAFTAR PUSTAKA
  LAMPIRAN-LAMPIRAN

BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Pariwisata adalah suatu kegiatan yang secara langsung melibatkan masyarakat sehingga membawa berbagai manfaat terhadap masyarakat dan sekitarnya. Bahkan pariwisata dikatakan mempunyai energy dobrak yang luar biasa, yang mampu membuat masyarakat setempat mengalami metamorphose dalam berbagai aspeknya. Pariwisata mempunyai banyak manfaat bagi masyarakat bahkan bagi Negara sekalipun, contohnya dari berbagai aspek atau segi yaitu dari segi ekonomi, sosial budaya, lingkungan hidup, nilai pergaulan, ilmu pengetahuan serta peluang dan kesempatan kerja. Telah kita ketahui bahwa di indonesia memiliki beranekaragam wisata dan budaya yang terbentang dari sabang hingga maraoke.
Pariwisata di indonesia merupakan penunjang perekonomian yang cerah tetapi hingga saat ini belum memperlihatkan peran yang sesuai dengan harapan dalam proses pembangunan di indonesia.
Hotel merupakan suatu akomodasi berupa penginapan yang disediakan untuk pada wisatawan menginap. Selain itu, hotel juga menyediakan berbagai fasilitas penunjang lain yang digunakan untuk para tamu food and beverage department adalah bagian yang sangat penting dalam hotel dimana tamu selain menginap tamu juga memerlukan makanan dan minuman selain itu food and beverage juga berperan penting dalam meningkatkan pendapatan hotel karena merupakan sarana yang mutlak harus disediakan hotel untuk dapat dikategorikan ke dalam hotel berbintang.  






1.2.Tujuan Prakerin
           
1.         Dapat mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan di sekolah sehingga dapat diterapkan dengan baik di tempat prakerin
2.         Dapat membentuk pola pikir yang konstruktif bagi Siswa sehingga dapat melihat peluang di masa depan
3.         Melatih Siswa untuk berkomunikasi atau berinteraksi secara professional di dunia kerja yang sebenarnya sehingga tidak merasa canggung untuk kedepannya
4.         Membentuk etos kerja yang baik bagi Siswa siswi prakerin hingga kedepannya dapat menjadi sosok lulusan yang berkualitas.
5.         Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki sesuai bidang masing-masing .
6.      Siswa- siswi mendapatkan skill dan wawasan yang lebih luas mengenai dunia perhotelan
7.      Siswa-siswi dapat membiasakan diri dengan melatih kedisiplinan dan keperibadian yang lebih baik
8.      Siswa – siswi mendapatkan suasana dan lingkungan yang baru diamana dapat bergaul dengan senior dan rekan kerja


1.3.Waktu dan Tempat
Pelaksanaan prakerin dilaksanakan selama 3 bulan  mulai dari tanggal 01 Januari 2019 sampai dengan 07 April 2019, bertempat di Puri Indah Hotel & Conventions.
                                                                                                    






BAB II
 TINJAUAN PUSTAKA

2.1.Pengertian F & B Product
Food product adalah bagian yang proses pengolahan bahan mentah menjadi sesuatu yang menarik dan dapat dinikmati. Atau pengertian lain adalah proses dimana makanan dan minuman diproduksi/dibuat sesuai dengan standar recipie dengan citraan rasa dan  sentuhan seni yang tinggi.
Dengan kata lain food product grand serela hotel adalah bagian yang memproses makanan dan minuman yang dibuat /di produksi sesua standar recipie grand serela hotel dengan citra rasa dan sentuha seni yang tinggi bagi para tamu yang tinggal maupun tidak tinggal di hotel untuk tujuan komersial. Food and beverage product mengelola makanan mulai dari makanan pembuka sampai makanan penutup.
Tugas Dan Tanggung Jawab Organisasi Kitchen
a.       Executive Chef
Bertanggung jawab terhadap semua operasional dapur dan mengontrol semua peralatan dapur dalam kondisi yang baik.
b.      Senior Saus Chef
Bertanggung jawab terhadap operasional dapur dan bertugas memberikan pengarahan pada staff dapur dalam melaksanakan tugas.
c.       Saus Chef
Bertugas mengawasi persiapan makanan di dapur dan menjamin semua makanan di produksi tepat pada waktunya.
d.      Junior Saus Chef
Bertugas sama dengan Saus Chef, dimana junior saus chef membantu pekerjaan tambahan saus chef.
e.       Chef de Party
Bertugas dan bertanggung jawab atas kelancaran pelaksanaan tugas terutama pada bagiannya atau sectionnya yang berada di bawah saus chef.

f.       Senior Cook
Bertugas dan bertanggung jawab untuk mengawasi cook dalam memasak dan membantu cook dalam memproduksi makanan di dapur.
g.      Cook
Bertugas dan bertanggung jawab memproduksi makanan dan menjamin makanan yang dibuat selesai dan tepat pada waktunya.
h.      Cook Helper
Bertugas membantu tugas-tugas cook dalam memproduksi makanan dan bertugas mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan.

2.1.1.      Cool Kitchen
Cold Kitchen yang merupakan tempat pengolahan bahan-bahan makanan yang membuat hidangan pembuka (cold appetizer), juga membuat cold souce seperti mayonaise, thousand island, callipso, souce, dll. Outlet ini juga menangani pengolahan buah-buahan untuk dekorasi maupun hidangan pembuka dan penutup.

2.1.2.      Main Kitchen
Production (Main) Kitchen merupakan seksi yang terdapat dalam organisasi Food & Beverage Product yang menangani berbagai macam sambal, stock, serta berbagai macam main course, yang dimana kitchen ini termasuk ke dalam Hot Kitchen

2.1.3.      Pastry
Pastry merupakan seksi yang terdapat dalam organisasi  Food & beverages Product  yang khusus menangani/membuat kue , cake, cookies, patries, chocolate, pudding dan aneka dessert lainnya.
Di dalamnya terdapat sub seksi yaitu Bakery yang khusus membuat berbagai macam roti (bread)
Pastry / patiseri merupakan salah satu pengetahuan dalam pengolahan dan penyajian makanan, khususnya mengolah dan menyajikan berbagai jenis kue. Patiseri berasal dari bahasa perancis yaitu ” pậtisserie” yang artinya kue-kue.Dengan demikian pastry dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang seluk beluk kue baik kue kontinenl, oriental maupun kue indonesia mulai dari persiapan, pengolahan sampai pada penyajiannya.
Dalam dunia perhotelan pastry adalah salah satu department f&b product yang tugasnya membuat aneka kue dan dessert untuk keperluan pastry corner,breakfast,coffe break,lunch & dinner. Sedangkan bakery dalam dunia perhotelan adalah salah satu bagian dari pastry yang tugasnya membuat aneka roti untuk keperluan pastry corner,breakfast,coffe break,lunch & dinner.
Pastry terbagi dua, yaitu kue–kue oriental dan kue-kue continental. Kue-kue indonesia termasuk jenis kue oriental, sedangkan yang termasuk kue continental adalah, yeast products, breads, cake and icings, cookies, pastries, cream, puding, frozen dessert, candy.Perbedaan kue continental dengan kue oriental salah satunya terletak pada lemak yang digunakan. Kue kontinental pada umumnya menggunakan lemak padat seperti, margarine, mentega dan shortening. Kue oriental pada umumnya menggunakan lemak cair, seperti santan dan minyak.
Jenis adonan lain dari pastry dikenal dengan istilah paste yang terbuat dari campuran tepung terigu, cairan dan lemak. Pada dasarnya ada dua kelompok adonan yaitu dough and batters, adonan keras dan adonan lunak. Kelompok adonan keras terdiri dari puff pastry, danish dan croissant, strudel, short paste. Sedangkan kelompok adonan lunak terdiri dari choux paste. Istilah pastry dough and batters merupakan adonan untuk digunakan berbagai produk pastry yang variatif. Pie dough, short dough dan puff pastry adalah hanya sebagian contoh dari produk pastry, yang semuanya terbuat dari bahan dasar yang sama, tetapi berbeda dalam teknik pembuatannya.
Bahan penutup kue antara lain :
1.      Buttercreamadalah jenis krim yang bahan utamanya terdiri atas mentega dan gula yang di kocok hingga mengembang dan lembut. Buttercream yang baik memiliki tekstur yang lembut tidak berpasir dan tidak menggumpal, rasanya manis tidak getir, dan berwarna putih atau sedikit kuning tergantung lemak yang digunakan. Buttercream dapat digunakan sebagai bahan penutup kue atau ornamen kue agar kue yang dibuat tampak lebih menarik.
2.      Icingdan glazesadalah penutup kue dengan bahan dasar tepung gula, air dan putih telur,  icing dan glazes juga bisa di beri warna sesuai keinginan dan kebutuhan. Icing dan glazes bisa digunakan untuk memberi sentuhan akhir pada kue, icing dan glazes tidak hanya menjadikan bentuk kue lebih menarik tetapi juga bisa memperpanjang masa simpan kue menjadi lebih lama, hal ini karena kelembaban kue terjaga untuk waktu yang cukup lama.

3.      Ganacheadalah campuran dari dark cooking chocolate dan whiping cream cair, ganache memiliki tekstur yang cair sehingga ganache dapat menutupi permukaan kue dengan sempurna selain itu ganache juga lembut saat dingin, tidak seperti coklat yang akan mengeras saat dingin sehingga sangat lembut saat dimakan. Ganache dapat digunakan sebagai bahan penutup kue, juga dapat digunakan sebagai penghias kue.
                           
2.1.4.      Banquet Kitchen
Banquet memiliki bagian tersendiri dalam suatu susunan departemen dan masih dalam lingkup F&B Department yang bertugas untuk menangani segala macam kegiatan pesta atau jamuan yang diselenggarakan oleh suatu panitia atau pihak lain yang membuat pesanan ke hotel.. Departemen banquet memiliki peranan penting dalam hal pelayanan jasa penyelenggaraan acara yang diadakan oleh hotel. Banquet tidak jauh berbeda dengan restoran baik perlengkapan, peralatan serta tata saji yang disuguhkan, hanya saja banquet tidak menyediakan sajian secara permanen, melainkan diselenggarakan setelah adanya pihak pemesanan yang akan menyelenggarakan acara. Pelayanan pada banquet dimulai sejak pelanggan memesan tempat hingga akhir acara.
2.2. F & B Service
F & B Service bertugas menangani penghidangan makannan minuman, penyiapan sebagian model minuman diantaranya minuman campuran (mixed drinks)
Dalam suatu hotel F & B service berguna sebagai penjamu service makanan dan minuman pada tamu hotel.
Fungsi utama dari divisi ini adalah menyediakan, menjual,dan menyajikan dengan layanan yang memuaskan kepada pelanggan.fungsi utama kitchen,yaitu:
a)         Pusat kegiatan proses bahan baku makanan di hotel.
b)        Pusat kegiatan pengelolaan makanan.
c)         Pusat kegiatan masak-memasak makanan dihotel.
d)        Tempat menghasilkan resep yang baku suatu hidangan di hotel.
e)         Alat pengukur reputasi dan image hotel, melalui pengelolaan makanan.

 

F & B service terbagi atas 4 bagian :

1.      Restaurant

2.      Bar

3.      Baquet

4.      Room service

 

2.2.1.  Restaurant
Restaurant  yakni merupakan bagian berasal dari Food & Beverage departement yang berfungsi menyelenggarakan layanan makanan dan minuman secara komersil pada suatu hotel yang biasanya digunakan pada saat pagi hari (breakfast), siang (lunch) dan dinner (malam).

2.2.2. Bar
Bar merupakan bagian berasal dari food and beverage department yang bertugas menyiapkan dan minuman, baik ber alkohol dan non alkohol.


2.2.3. Baquet
Baquet merupakan bagian yang bertanggung jawab di dalam event – event besar yang di selenggarakan dihotel melalui service makanan dan minuman, umumnya di selenggarakan di ball room, garden.
Banquet bertanggung jawab terhadap jasa pelayanan pesta rapat, seminar dan sejenisnya dalam jumlah besar yang pelaksanaannya sudah didasarkan dari kesepakatan pihak hotel dan pihak terkati.

2.2.4. Room Service
Merupakan bagian berasal dari food and beverage service yang bertugas melayani makanan dan minuman pada tamu yang berharap makan dan minum di dalam kamar hotel. Room service membuka sepanjang 24 jam bersama dengan memakai service trolly atau tray.



















BAB III
GAMBARAN UMUM HOTEL

Pada tahun 1998, hotel ini mulai sebagai Melati Hotel dengan 30 kamar dan kolam renang. Pada tahun 2009, seiring dengan perkembangan wisata dan tuntutan di Lombok, Puri indah hotel mulai di rekonstruksi dengan membangun kembali ekonomi kamar sebelumnya dan berubah menjadi 20 kamar tamu deluxe, hotel perubahan konsep dan gaya menjadi lebih modern dan minimalis dengan kamar tamu yang dilengkapi dengan TV kabel/ satelit LCD, langsung telepon, wi-fi, air panas / dingin, dan kondisi udara, dengan memasak sarapan di Hotel ini terbuka restoran kamar dan kolam renang café. Pada awal tahun 2012, hotel ini akan mempeluas proyek di daerah  yang sama untuk mengembangkan lebih 150 kamar, ruang konveksi dan ruang tamu. Untuk kenyamanan para tamu hotel staf penerimaan bertugas 24 jam sehari dan akan senang untuk membantu dengan informasi melihat-melihat, laundry, fasilitas faks dan bantuan lainnya yang mungkin anda butuhkan. Hotel ini mungkin kecil, tapi suasana ramah dan internasional menghasilkan sambutan hangat kepada semua orang dan sekarang jumlah kamar yang tersedia di Puri Indah Hotel yaitu sebanyak 157 kamar.

3.1.Profil Hotel  
v  General Manager              : Eko Yuwono  
v  Total Room                      : 157 rooms
v  Address                            : Jalan Sriwijaya No.132, Cakranegara,
                                           Mataram, Lombok, Lombok, Mataram,                                                         Nusa Tenggara Barat, Indonesia, 83111
v  Telephone                                     : + (0370) 7501616                                         
v  Fax                                   : +62 370 693 400
v  Email                                : info@puriindahhotel.com
-          .

3.2.IMG-20190327-WA0009.jpgStruktur Organisasi F & B Product Puri Indah Hotel & Conventions


3.3.Fasilitas Hotel   

Kamar
Akomodasi ini menawarkan kamar dengan pilihan ranjang ganda atau kembar. Semua kamar dilengkapi dengan pendingin ruangan, TV layar datar, dan akses Wi-Fi pelengkap. Kamar mandi dalamnya menyediakan perlengkapan mandi dan fasilitas pancuran. 

Restoran & Makanan
Puri Indah Hotel & Convention menyediakan berbagai hidangan Asia dan Eropa di Swarny Restaurant & Lounge. Restoran buka selama 24 jam. 

Aktivitas & Olahraga
            Terdapat kolam renang terbuka di akomodasi ini.

Fasilitas Umum
Kamar
Tipe kamar
·      Kamar Deluxe King
·      Kamar Superior Double atau Twin
·      Suite Eksklusif
·      Kamar Standard Double atau Twin
·      Restoran
·      Bar / Pub
·      AC, Kulkas
·      TV Kabel / Satelit
·      TV, Shower
·           Kolam renang
·           Taman
·          Wi -fi
Fasilitan tambahan :
·      Jasa concierge
·      Menyediakan paket wisata
·      Fasilitas dry cleaning
·      Kotak penyimpanan aman
·      Jasa binatu
·      Tempat penitipan tas / barang
·      Ruang merokok
·      Parkir gratis
·           Antar-Jemput Bandara (biaya ekstra)
·            Layanan Antar-Jemput (berlaku biaya tambahan)
·            Penyewaan Mobil
·            Dry Cleaning
·            Kamar Keluarga  





















BAB IV
PEMBAHASAN
4.1. Menu di pastry  Puri Indah Hotel & Conventions
Gambar terkait
Kentang Goreng

Bahan
  • 3 buah kentang (potong panjang)
  • 3 sdm tepung terigu
  • 1 sdt garam 
  • 3 siung bawang putih
  • Ketumbar halus (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
Cara Membuat
  1. Kupas kentang lalu rendam di dalam air kira-kira selama 30 menit. Angkat dan tiriskan lalu potong panjang sesuai selera.
  2. Cuci bersih kentang yang sudah dipotong. 
  3. Rebus sedikit air bersama bawang putih yang telah dihaluskan, garam, kaldu ayam dan ketumbar. 
  4. Masukkan kentang ke dalam rebusan air. Rebus kentang hingga setengah matang. 
  5. Angkat kentang lalu tiriskan. Masukkan kentang ke dalam lemari pendingin kira-kira selama 2 jam hingga dingin dan cukup kaku. 
  6. Jika sudah dingin, taburkan tepung ke atas kentang. Agar tepung menempel dengan rata ke kentang, kamu bisa memasukkan kentang dan tepung ke dalam plastik atau toples dan mengocoknya. 
  7. Masukkan kembali kentang ke dalam lemari pendingin sekitar selama 1 jam. 
  8. Panaskan minyak goreng dan goreng kentang hingga setengah matang. Diamkan dan biarkan dingin selama beberapa menit. 
  9. Goreng lagi kentang hingga kering dan renyah. 
  10. Kentang goreng yang renyah ala restoran pun siap disajikan bersama saus mayo, tomat atau saus sambal.


















Gambar terkait
Pisang Goreng

Bahan-bahan

·         Pisang kepok matang - 10 buah
·         Minyak goreng - secukupnya
·         Pencelup:
·         Tepung serbaguna - 125 gram
·         Garam - 1/4 sdt
·         Air matang - 250 ml
·         Tepung beras - 1 sdm
·         Gula halus - 2 sdm
·         Kremesan:
·         Tepung sagu - 125 gram
·         Tepung beras - 3 sdm
·         Air matang - 300 ml
·         Kuning telur - 1 butir
·         Garam - 1/4 sdt
·         Gula merah halus - 20 gram
·         Baking powder double acting - 1/2 sdt

Langkah

1.      Kupas pisang, dan potong membentuk kipas, sisihkan.
2.      Aduk rata bahan pencelup.
3.      Aduk rata bahan kremesan kecuali baking powder.
4.      Panaskan minyak sampai benar-benar panas, sambil menunggu minyak panas tambahkan baking powder ke dalam bahan kremesan aduk rata.
5.      Setelah minyak panas, kucurkan adonan diatas minyak panas dengan gerakan melingkar, kemudian kecilkan api agar tidak gosong.
6.      Ambil 1 buah pisang yang telah dibentuk kipas, celupkan kedalam bahan pencelup.
7.      Masukkan ketengah kremesan yang sedang di goreng, lalu lipat kedua sisi kremesan. Tunggu hingga keemasan dan matang.
8.      Lakukan untuk pisang selanjutnya sampai habis.

Tips

1.      Pastikan minyak benar-benar panas, dengan minyak panas, maka akan berbentuk sarang. Setelah bersarang, kecilkan api agar matang merata.



















Gambar terkait
Sosis Pizza
Bahan :
-          350 gr terigu protein tinggi (misalnya cakra)
-          15 gr gula pasir
-          5 gr ragi instan
-          20 gr susu bubuk
-          200 ml air es
-          50 gr mentega putih (tp aku pakai blueband)
-          1 sdt garam  

Cara membuat:
-          Campur semua bahan kecuali air dan garam.
-          Kemudian masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
-          Setelah kalis siamkan sampai adonan mengembang 2 kali.
-          Di resep tertulis 30 menit tetapi aku kemarin biarkan proofing di suhu ruang 1 jam 15 menit.
-          Setelah mengembang kempiskan adonan, kemudian bagi adonan menjadi 3 bagian.
-          Bulatkan adonan dan diamkan 10 menit.
-          Setelah didiamkan 10 menit tipiskan adonan dengan cara digiling.
-          Kemudian tusuk-tusuk dengan garpu.
-          Setelah itu diamkan 30 menit sampai mengembang.
-          Oven dengan api bawah suhu 190 derajat selama 8 menit sampai roti setengah matang.
-          Oleskan bagian atas roti dengan saus pizza, taburi dengan topping bombay, paprika hijau, sosis ayam dan tuna kaleng, kemudian di atas tuna sedikit mayones) dan taburi dengan keju mozzarela parut.
-          Oven lagi selama 10menit sampai matang.




Hasil gambar untuk resep roti bakar  ala hotel
Roti bakar
Bahan :
·         Susu kental manis
·         Keju Chedar
·         Selai Srikaya
·         Mentega
·         6 lembar roti tawar
Cara membuat :
·         Olesi semua lembaran roti tawar dengan mentega hingga merata secara tipis
·         Panaskan wajan Teflon dengan setengah sendok makan mentega dan biarkan hingga mencair.
·         Masukan roti kedalam wajan, dan mulai proses pembakaran roti dengan api kecil, jika anda tidak mau repot anda bisa menggunakan mesin roti bakar otomatis.
·         Setelah warna roti tawar berubah agak kecoklatan, angkat dan letakan pada piring saji
·         Olesin semua lembaran roti tawar dengan selai srikaya hingga merata sesuai selera.
·         Tumpuk tiap lembar roti bakar hingga menjadi 3 porsi roti bakar
·         Taburi Parutan keju chedar di atas tumpukan roti sesuai selera
·         Lumuri roti bakar dengan susu kental manis sesuai selera
·         Potong tumpukan roti bakar dengan bentuk segitiga dan hias di atas piring saji
4.2. Kegiatan Selama Prakerin

Kegiatan di Pastry :
·         Preparation breakfast
·         Membuat pizza sosis
·         Membuat pisang coklat crispy keju
·         Membuat kentang goreng
·         Membuat pisang goreng
·         Membuat roti manis isi pisang, coklat dan kacang 
·         Membuat puri indah snack
·         Membuat buburu merah, putih dan hitam
·         Menggoreng donat
·         Mencuci peralatan
·         Membuat lumpia
·         Membuat tahu isi
·         Membuat pudding
·         Membuat adonan pizza
·         Membuat pisang bakar
·         Menyiapkan roti untuk breakfast
·         Memanggang roti manis
·         Menyiapkan bubur putih
·         membuat margarita pizza
·         membuat adona wafel
·         membuat isian lumpia
·         membuat sponge cake
·         membuat pisang goreng crispy
·         prepare roti tawar
·         membuat es kopyar
·         membuat brownis
·         membuat spring roll
·         membuat simple sirup
·         membuat kue sus
·         membuat martabak
·         membuat dough pizza
·         membuat meat ball pizza
·         menggoreng pisang dan ubi
·         life cooking
·         Membuat es kacang hijau

























BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1  Kesimpulan
Food and beverage department merupakan salah satu department yang memiliki peran yang sangat penting dalam hal  pendapatan suatu hotel yaitu pendapatan tertinggi ke-2 setelah produk kamar, oleh karena itu  untuk menunjang pencapaian  keberhasilan tersebut maka pihak manajemen sebelum merekrut tenaga kerja khususnya pada department f & b product harus merencanakan SDM / analisa kerja yang matang yang menghasilkan job description dan job specification.
Selain itu yang tak kalah pentingnya adalah kerja sama antar staf kitchen, antar section dan seluruh department, mempersatukan hygiene dan sanitasi, kedisiplinan, tanggung  jawab, ulet dan tekun, memiliki pandangan ke depan yang positif yang merupakan kesemunya itu untuk mewujudkan kesuksesan dalam f&b department.
Praktik kerja industri adalah langkah awal yang dilakukan oleh setiap calon tenaga kerja pariwisata yang selalu di lakukan dimana  praktik kerja industri merupakan salah satu sistem belajar yang berbasis praktik untuk mengasah serta memperdalam ilmu serta keterampilan sebelum terjun langsung ke dunia industri.

5.2  Saran
Saran untuk teman-teman dan rekan pembaca semuanya, dalam hal melakukan Praktik Kerja Industri 
ü  Agar melaksanakan tugas yang diberikan oleh senior dengan sungguh-sungguh dan selalu nyambung komunikasi mengenai hal-hal yang kurang di mengerti supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
ü  Belajar untuk berusaha mencintai pekerjaan yang ada dengan demikian akan di dapatkan suasana kerja yang nyaman
ü  Bergaul dengan senior dan rekan kerja yang akrab dan friendly agar tercipta keluarga kerja  yang hangat
ü  Selalu sopan santun, ramah tamah, tegur sapa, dan jujur di dalam lingkungan kerja.
ü  Bertekad untuk bisa dan menjadi yang terbaik
ü  Membawa hal-hal positif dan meninggalkan hal negatif di dalam lingkungan kerja dan dimanapun.
Saran untuk industry :
ü  Mendidik anak training dengan ikhlas dan rela hati dan selalu memberikan dan bimbingan dengan demikian akan lebih cepat bisa dan pekerjaan menjadi lebih sepat selesai.
ü  Bagi karyawan  dapur untuk menjalin komunikasi antar rekan kerja untuk menghidarkan kesalahan dalam penyampaian informasi
ü  Selalu memperhatikan kualitas dan mutu makanan yang dihasilkan
ü  Mempertahankan hygiene dan sanitasi yang telah diterapkan.



















DAFTAR PUSTAKA

ü  Stanton, wiliam J,1997,founamentals of Markrting,11 Editiony,England McGraw-Hill.
ü  Adar,Halimah.Masakan Oriental seri B.1985,Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.Piper,Maryorie Ray.Oriental Cook Book.1981.law Pulishing.california.
ü  Lesmana,Herawati.Masakan tionghoa populer.Chu,Grase Zia.chinese cooking.1962.simon and chuster.Wolter,Annette.Internationalcooking.1984.the Hamlyn.
ü  Ma,Nancy chih.favorite Chinese reciepes.1968.kadansha international.Tokyo





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar