LAPORAN
PRAKTIK
KERJA INDUSTRI
( PRAKERIN )
Disusun Oleh :
NAMA : RENA PRAYATNI
JURUSAN : JASA BOGA
DEPARTEMENT : PASTRY
NAMA DU/DI :
PURI INDAH HOTEL & CONVENTIONS
NIS : 1872
PEMERINTAH
PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK
NEGERI 1 PUJUT
Jl.Bung
Karno No.08 Pujut Lombok Tengah NTB
Email
:smkn_pujut@yahoo.com
TAHUN DIKLAT 2018/2019
LEMBAR PENGESAHAN
Oleh : SMK NEGERI 1 PUJUT
Laporan Praktik Kerja
Idustri ini telah ditanda tangani dan
disahkan oleh pihak SMK Negeri 1 Pujut pada hari Senin, 08 April 2019.
Pujut, 08 April 2019
|
||
Ketua Program Keahlian
Jasa Boga
RENI ROESMAYANTI, S.Pi
NIP :
197907062006042009
|
|
Guru Pembimbing
RENI ROESMAYANTI, S.Pi
NIP :
197907062006042009
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
H. MAHYUDIN, S.Ag.MM
NIP. 197207021998021002
|
LEMBAR PENGESAHAN
Oleh :
Pihak Puri
Indah Hotel & Conventions
Laporan Praktik Kerja
Idustri ini telah ditanda tangani dan
disahkan oleh pihak Puri Indah Hotel & Conventions pada hari Senin, 08
April 2019.
|
||
Sous Chef 1
( HERMAN OKTOFIN )
|
|
Sous Chef 2
( ANTON SUGIANTO )
|
HRD Manager
(Drs. LENI ROSALINA )
|
KATA
PENGANTAR
Segala puja dan puji syukur kehadirat Allah
SWT yang telah memberikan kami Rahmat dan HidayahNya sehingga kami dapat
menyelesaikan Laporan ini dengan baik dan tepat waktu.
Praktik Kerja Industri ini merupakan salah satu program studi yang
wajib diikuti bagi setiap siswa siswi SMK untuk lebih mengenal lebih jauh dan
lebih mendalam tentang dunia industri yang nantinya sebagai lapangan kerja
sesuai keahlian setelah tamat sekolah/belajar.
Laporan ini mengurai/menjelaskan
tentang seluk beluk hotel/fasilitas hotel yang telah kami dapatkan selama kami
mengikuti kegiatan Praktik Kerja Industri di Puri Indah Hotel & Conventions
pada Departement Pastry & Service .
Tak lupa kami ucapkan terima kasih
yang sebesarnya kepada :
Ø Bapak
H.Mahyudin, S.Ag.MM selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Pujut.
Ø Ibu Reni
Rusmayanti, S.Pi selaku Ketua Program
Keahlian Jasa Boga
Ø Ibu Reni
Rusmayanti, S.Pi , selaku guru
Pembimbing kami.
Ø Bapak/Ibu
guru yang telah dengan ikhlas memberikan kami ilmu.
Ø Sembah sujud
kami kepada sosok malaikat dunia Ayah dan Bunda yang telah memperjuangkan kami
dalam rangka penulisan Laporan ini sehingga kami dapat menyelesaikan dengan
baik.
Ø Serta kami
ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang telah banyak memberikan kami
support dan semangat serta semua bantuan-bantuan yang sangat membantu pada
kami.
Penulis menyadari laporan ini jauh
dari sempurna mengingat manusia itu tidak ada yang sempurna, maka dari itu
saran dan kritik yang bersifat membangun sangatlah kami butuhkan demi
kesempurnaan laporan ini.
Pujut,
08 April 2019
Penulis
RENA PRAYATNI
DAFTAR ISI
Lembar Judul
/ Sampul
i
Lembar Pengesahan oleh pihak SMK Negeri 1 Pujut..................................... ii
Lembar Pengesahan oleh hotel........................................................................ iii
Kata Pengantar................................................................................................ iv
Daftar Isi......................................................................................................... v
BAB I. PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang.................................................................................... 1
1.2.Tujuan.................................................................................................. 2
1.3.Waktu dan Tempat ............................................................................. 2
BAB
II. TINJAUAN PUSTAKA
2.1.Pengertian F & B Product................................................................... 3
2.1.1.
Cold kitchen ........................................................................... 4
2.1.2.
Main kitchen ........................................................................... 4
2.1.3.
Pastry ..................................................................................... 4
2.1.4.
Banquet Kitchen .................................................................... 6
2.2.Pengertian F
B S.................................................................................. 7
2.2.1.
Restaurant ............................................................................... 7
2.2.2.
Bar .......................................................................................... 7
2.2.3.
Room service........................................................................... 9
2.2.4.
Banquet .................................................................................. 9
BAB III. GAMBARAN
UMUM
3.1.Profil Hotel ....................................................................................... 10
3.2.Struktur Hotel
.................................................................................. 11
3.3.Fasilitas Hotel ................................................................................. 12
BAB IV.
PEMBAHASAN
4.1.Menu di pastry ................................................................................. 13
4.2.Kegiatan selama prakerin ................................................................. 19
BAB V.
PENUTUP
5.1.
Kesimpulan ....................................................................................... 21
5.2. Saran.................................................................................................. 21
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar
Belakang
Pariwisata
adalah suatu kegiatan yang secara langsung melibatkan masyarakat sehingga
membawa berbagai manfaat terhadap masyarakat dan sekitarnya. Bahkan pariwisata
dikatakan mempunyai energy dobrak yang luar biasa, yang mampu membuat
masyarakat setempat mengalami metamorphose dalam berbagai aspeknya. Pariwisata
mempunyai banyak manfaat bagi masyarakat bahkan bagi Negara sekalipun,
contohnya dari berbagai aspek atau segi yaitu dari segi ekonomi, sosial budaya,
lingkungan hidup, nilai pergaulan, ilmu pengetahuan serta peluang dan
kesempatan kerja. Telah kita ketahui bahwa di indonesia memiliki beranekaragam
wisata dan budaya yang terbentang dari sabang hingga maraoke.
Pariwisata
di indonesia merupakan penunjang perekonomian yang cerah tetapi hingga saat ini
belum memperlihatkan peran yang sesuai dengan harapan dalam proses pembangunan
di indonesia.
Hotel
merupakan suatu akomodasi berupa penginapan yang disediakan untuk pada
wisatawan menginap. Selain itu, hotel juga menyediakan berbagai fasilitas
penunjang lain yang digunakan untuk para tamu food and beverage department
adalah bagian yang sangat penting dalam hotel dimana tamu selain menginap tamu
juga memerlukan makanan dan minuman selain itu food and beverage juga berperan
penting dalam meningkatkan pendapatan hotel karena merupakan sarana yang mutlak
harus disediakan hotel untuk dapat dikategorikan ke dalam hotel berbintang.
1.2.Tujuan Prakerin
1.
Dapat mengimplementasikan materi yang selama ini
didapatkan di sekolah sehingga dapat diterapkan dengan baik di tempat prakerin
2.
Dapat membentuk pola pikir yang konstruktif bagi Siswa
sehingga dapat melihat peluang di masa depan
3.
Melatih Siswa untuk berkomunikasi atau berinteraksi
secara professional di dunia kerja yang sebenarnya sehingga tidak merasa
canggung untuk kedepannya
4.
Membentuk etos kerja yang baik bagi Siswa siswi
prakerin hingga kedepannya dapat menjadi sosok lulusan yang berkualitas.
5.
Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang
dimiliki sesuai bidang masing-masing .
6. Siswa- siswi mendapatkan skill dan wawasan yang lebih luas mengenai dunia
perhotelan
7. Siswa-siswi dapat membiasakan diri dengan melatih kedisiplinan dan
keperibadian yang lebih baik
8. Siswa – siswi mendapatkan suasana dan lingkungan yang baru diamana dapat
bergaul dengan senior dan rekan kerja
1.3.Waktu dan
Tempat
Pelaksanaan prakerin dilaksanakan
selama 3 bulan mulai dari tanggal 01
Januari 2019 sampai dengan 07 April 2019, bertempat di Puri Indah Hotel &
Conventions.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1.Pengertian F
& B Product
Food product adalah bagian yang proses
pengolahan bahan mentah menjadi sesuatu yang menarik dan dapat dinikmati. Atau
pengertian lain adalah proses dimana makanan dan minuman diproduksi/dibuat
sesuai dengan standar recipie dengan citraan rasa dan sentuhan seni yang
tinggi.
Dengan kata lain food product grand
serela hotel adalah bagian yang memproses makanan dan minuman yang dibuat /di
produksi sesua standar recipie grand serela hotel dengan citra rasa dan sentuha
seni yang tinggi bagi para tamu yang tinggal maupun tidak tinggal di hotel untuk
tujuan komersial. Food and beverage product mengelola makanan mulai
dari makanan pembuka sampai makanan penutup.
Tugas Dan Tanggung Jawab Organisasi
Kitchen
a.
Executive Chef
Bertanggung jawab terhadap semua
operasional dapur dan mengontrol semua peralatan dapur dalam kondisi yang baik.
b.
Senior Saus
Chef
Bertanggung jawab terhadap
operasional dapur dan bertugas memberikan pengarahan pada staff dapur dalam
melaksanakan tugas.
c.
Saus Chef
Bertugas mengawasi persiapan makanan
di dapur dan menjamin semua makanan di produksi tepat pada waktunya.
d.
Junior Saus
Chef
Bertugas sama dengan Saus Chef,
dimana junior saus chef membantu pekerjaan tambahan saus chef.
e.
Chef de Party
Bertugas dan bertanggung jawab atas
kelancaran pelaksanaan tugas terutama pada bagiannya atau sectionnya yang
berada di bawah saus chef.
f.
Senior Cook
Bertugas dan bertanggung jawab untuk
mengawasi cook dalam memasak dan membantu cook dalam memproduksi makanan di
dapur.
g.
Cook
Bertugas dan bertanggung jawab
memproduksi makanan dan menjamin makanan yang dibuat selesai dan tepat pada
waktunya.
h.
Cook Helper
Bertugas membantu tugas-tugas cook
dalam memproduksi makanan dan bertugas mempersiapkan bahan-bahan yang
diperlukan.
2.1.1.
Cool Kitchen
Cold Kitchen yang merupakan tempat pengolahan
bahan-bahan makanan yang membuat hidangan pembuka (cold appetizer), juga membuat cold souce seperti mayonaise, thousand island, callipso, souce, dll. Outlet ini juga menangani
pengolahan buah-buahan untuk dekorasi maupun hidangan pembuka dan penutup.
2.1.2.
Main Kitchen
Production (Main) Kitchen merupakan seksi yang terdapat dalam
organisasi Food & Beverage Product yang menangani berbagai macam sambal,
stock, serta berbagai macam main course, yang dimana kitchen ini termasuk ke
dalam Hot Kitchen
2.1.3.
Pastry
Pastry merupakan seksi yang terdapat dalam organisasi
Food & beverages Product yang khusus menangani/membuat kue , cake,
cookies, patries, chocolate, pudding dan aneka dessert lainnya.
Di dalamnya terdapat sub seksi yaitu Bakery yang khusus membuat berbagai macam roti (bread)
Di dalamnya terdapat sub seksi yaitu Bakery yang khusus membuat berbagai macam roti (bread)
Pastry /
patiseri merupakan salah satu pengetahuan dalam pengolahan dan penyajian
makanan, khususnya mengolah dan menyajikan berbagai jenis kue. Patiseri berasal
dari bahasa perancis yaitu ” pậtisserie” yang artinya kue-kue.Dengan
demikian pastry dapat
diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang seluk beluk kue
baik kue kontinenl, oriental maupun kue indonesia mulai dari persiapan,
pengolahan sampai pada penyajiannya.
Dalam
dunia perhotelan pastry adalah
salah satu department f&b product yang tugasnya membuat aneka kue dan
dessert untuk keperluan pastry corner,breakfast,coffe
break,lunch & dinner. Sedangkan bakery dalam dunia perhotelan adalah salah
satu bagian dari pastry yang
tugasnya membuat aneka roti untuk keperluan pastry corner,breakfast,coffe
break,lunch & dinner.
Pastry terbagi
dua, yaitu kue–kue oriental dan kue-kue continental. Kue-kue indonesia termasuk
jenis kue oriental, sedangkan yang termasuk kue continental adalah, yeast
products, breads, cake and icings, cookies, pastries, cream, puding, frozen
dessert, candy.Perbedaan kue continental dengan kue oriental salah satunya
terletak pada lemak yang digunakan. Kue kontinental pada umumnya menggunakan
lemak padat seperti, margarine, mentega dan shortening. Kue oriental pada
umumnya menggunakan lemak cair, seperti santan dan minyak.
Jenis
adonan lain dari pastry dikenal
dengan istilah paste yang terbuat dari campuran tepung terigu, cairan dan
lemak. Pada dasarnya ada dua kelompok adonan yaitu dough and batters, adonan
keras dan adonan lunak. Kelompok adonan keras terdiri dari puff pastry, danish dan croissant,
strudel, short paste. Sedangkan kelompok adonan lunak terdiri dari choux paste.
Istilah pastry dough
and batters merupakan adonan untuk digunakan berbagai produk pastry yang variatif. Pie
dough, short dough dan puff pastry adalah
hanya sebagian contoh dari produk pastry,
yang semuanya terbuat dari bahan dasar yang sama, tetapi berbeda dalam teknik
pembuatannya.
Bahan
penutup kue antara lain :
1.
Buttercreamadalah jenis krim yang bahan utamanya terdiri atas mentega dan gula
yang di kocok hingga mengembang dan lembut. Buttercream yang
baik memiliki tekstur yang lembut tidak berpasir dan tidak menggumpal, rasanya
manis tidak getir, dan berwarna putih atau sedikit kuning tergantung lemak yang
digunakan. Buttercream dapat
digunakan sebagai bahan penutup kue atau ornamen kue agar kue
yang dibuat tampak lebih menarik.
2.
Icingdan glazesadalah penutup kue
dengan bahan dasar tepung gula, air dan putih telur, icing dan glazes
juga bisa di beri warna sesuai keinginan dan kebutuhan. Icing dan glazes bisa
digunakan untuk memberi sentuhan akhir pada kue, icing dan glazes tidak
hanya menjadikan bentuk kue lebih menarik tetapi juga bisa memperpanjang masa
simpan kue menjadi lebih lama, hal ini karena kelembaban kue terjaga untuk
waktu yang cukup lama.
3.
Ganacheadalah campuran dari dark cooking chocolate dan whiping cream
cair, ganache memiliki tekstur
yang cair sehingga ganache dapat menutupi
permukaan kue dengan sempurna selain itu ganache juga lembut saat
dingin, tidak seperti coklat yang akan mengeras saat dingin sehingga sangat
lembut saat dimakan. Ganache dapat digunakan
sebagai bahan penutup kue,
juga dapat digunakan sebagai penghias kue.
2.1.4.
Banquet Kitchen
Banquet memiliki bagian tersendiri dalam suatu
susunan departemen dan masih dalam lingkup F&B Department yang bertugas untuk menangani segala macam kegiatan
pesta atau jamuan yang diselenggarakan oleh suatu panitia atau pihak lain yang
membuat pesanan ke hotel.. Departemen banquet memiliki peranan penting dalam
hal pelayanan jasa penyelenggaraan acara yang diadakan oleh hotel. Banquet
tidak jauh berbeda dengan restoran baik perlengkapan, peralatan serta tata saji yang
disuguhkan, hanya saja banquet tidak menyediakan sajian secara permanen,
melainkan diselenggarakan setelah adanya pihak pemesanan yang akan
menyelenggarakan acara. Pelayanan pada banquet dimulai sejak pelanggan memesan tempat hingga akhir acara.
2.2. F & B
Service
F & B Service bertugas
menangani penghidangan makannan minuman, penyiapan sebagian model minuman
diantaranya minuman campuran (mixed drinks)
Dalam suatu hotel F & B service berguna sebagai penjamu service makanan dan minuman pada tamu hotel.
Dalam suatu hotel F & B service berguna sebagai penjamu service makanan dan minuman pada tamu hotel.
Fungsi utama dari divisi ini adalah
menyediakan, menjual,dan menyajikan dengan layanan yang memuaskan kepada
pelanggan.fungsi utama kitchen,yaitu:
a) Pusat kegiatan proses bahan baku
makanan di hotel.
b) Pusat kegiatan pengelolaan makanan.
c) Pusat kegiatan masak-memasak makanan
dihotel.
d) Tempat menghasilkan resep yang baku
suatu hidangan di hotel.
e) Alat pengukur reputasi dan image
hotel, melalui pengelolaan makanan.
F & B service terbagi
atas 4 bagian :
1.
Restaurant
2.
Bar
3.
Baquet
4.
Room service
2.2.1.
Restaurant
Restaurant yakni merupakan bagian berasal dari Food
& Beverage departement yang berfungsi menyelenggarakan layanan makanan dan
minuman secara komersil pada suatu hotel yang biasanya digunakan pada saat pagi
hari (breakfast), siang (lunch) dan dinner (malam).
2.2.2.
Bar
Bar merupakan bagian berasal dari food and beverage department
yang bertugas menyiapkan dan minuman, baik ber alkohol dan non alkohol.
2.2.3.
Baquet
Baquet merupakan bagian yang bertanggung jawab di
dalam event – event besar yang di selenggarakan dihotel melalui service makanan
dan minuman, umumnya di selenggarakan di ball room, garden.
Banquet
bertanggung jawab terhadap jasa pelayanan pesta rapat, seminar dan sejenisnya
dalam jumlah besar yang pelaksanaannya sudah didasarkan dari kesepakatan pihak
hotel dan pihak terkati.
2.2.4. Room Service
Merupakan
bagian berasal dari food and beverage service yang bertugas melayani makanan
dan minuman pada tamu yang berharap makan dan minum di dalam kamar hotel. Room
service membuka sepanjang 24 jam bersama dengan memakai service trolly atau
tray.
BAB III
GAMBARAN UMUM HOTEL
Pada tahun
1998, hotel ini mulai sebagai Melati Hotel dengan 30 kamar dan kolam renang.
Pada tahun 2009, seiring dengan perkembangan wisata dan tuntutan di Lombok,
Puri indah hotel mulai di rekonstruksi dengan membangun kembali ekonomi kamar
sebelumnya dan berubah menjadi 20 kamar tamu deluxe, hotel perubahan konsep dan
gaya menjadi lebih modern dan minimalis dengan kamar tamu yang dilengkapi
dengan TV kabel/ satelit LCD, langsung telepon, wi-fi, air panas / dingin, dan
kondisi udara, dengan memasak sarapan di Hotel ini terbuka restoran kamar dan
kolam renang café. Pada awal tahun 2012, hotel ini akan mempeluas proyek di
daerah yang sama untuk mengembangkan
lebih 150 kamar, ruang konveksi dan ruang tamu. Untuk kenyamanan para tamu
hotel staf penerimaan bertugas 24 jam sehari dan akan senang untuk membantu
dengan informasi melihat-melihat, laundry, fasilitas faks dan bantuan lainnya
yang mungkin anda butuhkan. Hotel ini mungkin kecil, tapi suasana ramah dan
internasional menghasilkan sambutan hangat kepada semua orang dan sekarang
jumlah kamar yang tersedia di Puri Indah Hotel yaitu sebanyak 157 kamar.
3.1.Profil Hotel
v General Manager
: Eko Yuwono
v Total Room : 157 rooms
v Address :
Jalan Sriwijaya No.132, Cakranegara,
Mataram, Lombok, Lombok, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, 83111
v Telephone : + (0370) 7501616
v Fax : +62
370 693 400
v
Email :
info@puriindahhotel.com
-
.
3.2.Struktur
Organisasi F & B Product Puri Indah Hotel & Conventions
3.3.Fasilitas
Hotel
Kamar
Akomodasi ini menawarkan kamar dengan pilihan ranjang ganda atau
kembar. Semua kamar dilengkapi dengan pendingin ruangan, TV layar datar, dan
akses Wi-Fi pelengkap. Kamar mandi dalamnya menyediakan perlengkapan mandi dan fasilitas
pancuran.
Restoran & Makanan
Puri Indah Hotel & Convention menyediakan berbagai hidangan
Asia dan Eropa di Swarny Restaurant & Lounge. Restoran buka selama 24
jam.
Aktivitas & Olahraga
Terdapat kolam
renang terbuka di akomodasi ini.
Fasilitas Umum
Kamar
Tipe kamar
|
· Kamar Deluxe King
|
· Kamar Superior Double atau Twin
|
· Suite Eksklusif
|
· Kamar Standard Double atau Twin
|
· Restoran
· Bar / Pub
· AC, Kulkas
· TV Kabel /
Satelit
· TV, Shower
· Kolam renang
· Taman
· Wi -fi
Fasilitan tambahan :
· Jasa concierge
· Menyediakan
paket wisata
· Fasilitas dry
cleaning
· Kotak penyimpanan
aman
· Jasa binatu
· Tempat
penitipan tas / barang
· Ruang merokok
· Parkir gratis
·
Antar-Jemput
Bandara (biaya ekstra)
·
Layanan
Antar-Jemput (berlaku biaya tambahan)
·
Penyewaan
Mobil
·
Dry
Cleaning
·
Kamar
Keluarga
BAB IV
PEMBAHASAN
4.1. Menu di pastry
Puri Indah Hotel & Conventions
Kentang Goreng
Bahan
- 3 buah kentang (potong panjang)
- 3 sdm tepung terigu
- 1 sdt garam
- 3 siung bawang putih
- Ketumbar halus (secukupnya)
- Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
Cara Membuat
- Kupas kentang lalu rendam di dalam air
kira-kira selama 30 menit. Angkat dan tiriskan lalu potong panjang sesuai
selera.
- Cuci bersih kentang yang sudah
dipotong.
- Rebus sedikit air bersama bawang putih
yang telah dihaluskan, garam, kaldu ayam dan ketumbar.
- Masukkan kentang ke dalam rebusan air.
Rebus kentang hingga setengah matang.
- Angkat kentang lalu tiriskan. Masukkan
kentang ke dalam lemari pendingin kira-kira selama 2 jam hingga dingin dan
cukup kaku.
- Jika sudah dingin, taburkan tepung ke atas
kentang. Agar tepung menempel dengan rata ke kentang, kamu bisa memasukkan
kentang dan tepung ke dalam plastik atau toples dan mengocoknya.
- Masukkan kembali kentang ke dalam lemari pendingin
sekitar selama 1 jam.
- Panaskan minyak goreng dan goreng kentang
hingga setengah matang. Diamkan dan biarkan dingin selama beberapa
menit.
- Goreng lagi kentang hingga kering dan
renyah.
- Kentang goreng yang renyah ala restoran
pun siap disajikan bersama saus mayo, tomat atau saus sambal.
Pisang Goreng
Bahan-bahan
·
Pencelup:
·
Kremesan:
Langkah
1.
Kupas pisang, dan potong
membentuk kipas, sisihkan.
2.
Aduk rata bahan pencelup.
3.
Aduk rata bahan kremesan
kecuali baking powder.
4.
Panaskan minyak sampai
benar-benar panas, sambil menunggu minyak panas tambahkan baking powder ke
dalam bahan kremesan aduk rata.
5.
Setelah minyak panas, kucurkan
adonan diatas minyak panas dengan gerakan melingkar, kemudian kecilkan api agar
tidak gosong.
6.
Ambil 1 buah pisang yang telah
dibentuk kipas, celupkan kedalam bahan pencelup.
7.
Masukkan ketengah kremesan yang
sedang di goreng, lalu lipat kedua sisi kremesan. Tunggu hingga keemasan dan
matang.
8.
Lakukan untuk pisang
selanjutnya sampai habis.
Tips
1.
Pastikan minyak benar-benar
panas, dengan minyak panas, maka akan berbentuk sarang. Setelah bersarang,
kecilkan api agar matang merata.
Sosis Pizza
Bahan :
-
350 gr terigu
protein tinggi (misalnya cakra)
-
15 gr gula
pasir
-
5 gr ragi
instan
-
20 gr susu
bubuk
-
200 ml air es
-
50 gr mentega
putih (tp aku pakai blueband)
-
1 sdt garam
Cara membuat:
-
Campur semua
bahan kecuali air dan garam.
-
Kemudian
masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
-
Setelah kalis
siamkan sampai adonan mengembang 2 kali.
-
Di resep
tertulis 30 menit tetapi aku kemarin biarkan proofing di suhu ruang 1 jam 15
menit.
-
Setelah
mengembang kempiskan adonan, kemudian bagi adonan menjadi 3 bagian.
-
Bulatkan adonan
dan diamkan 10 menit.
-
Setelah
didiamkan 10 menit tipiskan adonan dengan cara digiling.
-
Kemudian
tusuk-tusuk dengan garpu.
-
Setelah itu
diamkan 30 menit sampai mengembang.
-
Oven dengan api
bawah suhu 190 derajat selama 8 menit sampai roti setengah matang.
-
Oleskan bagian
atas roti dengan saus pizza, taburi dengan topping bombay, paprika hijau, sosis
ayam dan tuna kaleng, kemudian di atas tuna sedikit mayones) dan taburi dengan
keju mozzarela parut.
-
Oven lagi
selama 10menit sampai matang.
Roti bakar
Bahan :
·
Susu kental
manis
·
Keju Chedar
·
Selai Srikaya
·
Mentega
·
6 lembar roti
tawar
Cara membuat :
·
Olesi semua
lembaran roti tawar dengan mentega hingga merata secara tipis
·
Panaskan wajan
Teflon dengan setengah sendok makan mentega dan biarkan hingga mencair.
·
Masukan roti
kedalam wajan, dan mulai proses pembakaran roti dengan api kecil, jika anda
tidak mau repot anda bisa menggunakan mesin roti bakar otomatis.
·
Setelah warna
roti tawar berubah agak kecoklatan, angkat dan letakan pada piring saji
·
Olesin semua
lembaran roti tawar dengan selai srikaya hingga merata sesuai selera.
·
Tumpuk tiap
lembar roti bakar hingga menjadi 3 porsi roti bakar
·
Taburi Parutan
keju chedar di atas tumpukan roti sesuai selera
·
Lumuri roti
bakar dengan susu kental manis sesuai selera
·
Potong tumpukan
roti bakar dengan bentuk segitiga dan hias di atas piring saji
4.2. Kegiatan Selama Prakerin
Kegiatan di Pastry :
·
Preparation
breakfast
·
Membuat pizza
sosis
·
Membuat pisang
coklat crispy keju
·
Membuat kentang
goreng
·
Membuat pisang
goreng
·
Membuat roti
manis isi pisang, coklat dan kacang
·
Membuat puri
indah snack
·
Membuat buburu
merah, putih dan hitam
·
Menggoreng
donat
·
Mencuci
peralatan
·
Membuat lumpia
·
Membuat tahu
isi
·
Membuat pudding
·
Membuat adonan
pizza
·
Membuat pisang
bakar
·
Menyiapkan roti
untuk breakfast
·
Memanggang roti
manis
·
Menyiapkan
bubur putih
·
membuat
margarita pizza
·
membuat adona
wafel
·
membuat isian
lumpia
·
membuat sponge
cake
·
membuat pisang
goreng crispy
·
prepare roti
tawar
·
membuat es
kopyar
·
membuat brownis
·
membuat spring
roll
·
membuat simple
sirup
·
membuat kue sus
·
membuat
martabak
·
membuat dough
pizza
·
membuat meat
ball pizza
·
menggoreng
pisang dan ubi
·
life cooking
·
Membuat es
kacang hijau
BAB
V
KESIMPULAN
DAN SARAN
5.1 Kesimpulan
Food and beverage department merupakan salah satu department yang
memiliki peran yang sangat penting dalam hal
pendapatan suatu hotel yaitu pendapatan tertinggi ke-2 setelah produk
kamar, oleh karena itu untuk menunjang
pencapaian keberhasilan tersebut maka
pihak manajemen sebelum merekrut tenaga kerja khususnya pada department f &
b product harus merencanakan SDM / analisa kerja yang matang yang menghasilkan
job description dan job specification.
Selain itu yang tak kalah pentingnya adalah kerja sama antar staf
kitchen, antar section dan seluruh department, mempersatukan hygiene dan
sanitasi, kedisiplinan, tanggung jawab,
ulet dan tekun, memiliki pandangan ke depan yang positif yang merupakan
kesemunya itu untuk mewujudkan kesuksesan dalam f&b department.
Praktik kerja industri adalah langkah awal yang dilakukan oleh
setiap calon tenaga kerja pariwisata yang selalu di lakukan dimana praktik kerja industri merupakan salah satu
sistem belajar yang berbasis praktik untuk mengasah serta memperdalam ilmu serta
keterampilan sebelum terjun langsung ke dunia industri.
5.2 Saran
Saran untuk
teman-teman dan rekan pembaca semuanya, dalam hal melakukan Praktik Kerja
Industri
ü Agar melaksanakan tugas yang diberikan oleh senior dengan
sungguh-sungguh dan selalu nyambung komunikasi mengenai hal-hal yang kurang di
mengerti supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
ü Belajar untuk berusaha mencintai pekerjaan yang ada dengan demikian
akan di dapatkan suasana kerja yang nyaman
ü Bergaul dengan senior dan rekan kerja yang akrab dan friendly agar
tercipta keluarga kerja yang hangat
ü Selalu sopan santun, ramah tamah, tegur sapa, dan jujur di dalam
lingkungan kerja.
ü Bertekad untuk bisa dan menjadi yang terbaik
ü Membawa hal-hal positif dan meninggalkan hal negatif di dalam
lingkungan kerja dan dimanapun.
Saran untuk industry :
ü Mendidik anak training dengan ikhlas dan rela hati dan selalu
memberikan dan bimbingan dengan demikian akan lebih cepat bisa dan pekerjaan
menjadi lebih sepat selesai.
ü Bagi karyawan dapur untuk
menjalin komunikasi antar rekan kerja untuk menghidarkan kesalahan dalam
penyampaian informasi
ü Selalu memperhatikan kualitas dan mutu makanan yang dihasilkan
ü Mempertahankan hygiene dan sanitasi yang telah diterapkan.
DAFTAR PUSTAKA
ü Stanton,
wiliam J,1997,founamentals of Markrting,11 Editiony,England McGraw-Hill.
ü Adar,Halimah.Masakan
Oriental seri B.1985,Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.Piper,Maryorie
Ray.Oriental Cook Book.1981.law Pulishing.california.
ü Lesmana,Herawati.Masakan
tionghoa populer.Chu,Grase Zia.chinese cooking.1962.simon and chuster.Wolter,Annette.Internationalcooking.1984.the
Hamlyn.
ü Ma,Nancy chih.favorite Chinese
reciepes.1968.kadansha international.Tokyo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar